Pintu masuk ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Bengkulu..
Sumber :
  • Tim Tvone/Miko

Kontruksi 17,6 KM Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Di Bengkulu Selesai 100 Persen

Kamis, 21 April 2022 - 14:55 WIB

Bengkulu - Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Kota Lubuk Linggau, Sumatera Selatan – Kota Curup, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu – Kota Bengkulu, Seksi Bengkulu-Taba Penanjung telah mencapai progres konstruksi 100 persen.

Tol yang dibangun PT. Hutama Karya Infrastruktur (HKI) sejak tahun 2019 ini telah menjalani Uji Laik Fungsi (ULF) pada 13-14 April 2022. Di mana saat ini tengah menunggu surat keputusan laik operasi dari Kementerian PUPR, sebelum akhirnya dapat dioperasikan atau difungsionalkan.

Direktur Operasi III HKI, Selo Tjahjono menjelaskan sepanjang 17,6 Km Jalan Tol Seksi Bengkulu – Taba Penanjung ini merupakan tol pertama yang hadir di provinsi berjuluk Bumi Rafflesia. Tol ini menyambungkan Kota Bengkulu dan Kecamatan Taba Penanjung, Kabupaten Bengkulu Tengah,

"Jalan tol ini memiliki kecepatan rencana sebesar 80 km/jam. Sehingga mampu menghadirkan waktu tempuh lebih kurang 15 menit dari Kota Bengkulu ke Kecamatan Taba Penanjung, Kabupaten Bengkulu Tengah. Sementara jika berkendara dari Bengkulu ke Taba Penanjung atau sebaliknya melalui jalan nasional, waktu tempuh dapat mencapai lebih kurang satu jam," kata Selo dalam keterangannya yang diterima tvonenews.com, Kamis (21/4/2022).

Jalan Tol Bengkulu – Taba Penanjung ini, tegas Selo, akan memberlakukan sistem one gate yakni dengan melakukan satu kali tapping di GT Bengkulu di Kelurahan Betungan, Kecamatan Selebar Kota Bengkulu.

Tol ini memiliki 21 jembatan, dua simpang sebidang dan satu buah interchange. Konstruksi membelah bukit dan menyeberangi lembah serta sungai.

Kondisi topografi trase Jalan Tol Bengkulu – Taba Penanjung memiliki tantangan medan yang cukup berat, sehingga mengharuskan tim untuk ‘membelah bukit’ dan membangun jembatan – pile slab untuk menyeberangi lembah atau sungai. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:23
01:35
01:45
01:54
01:47
15:24
Viral