Tradisi "Ngucak Lubuk Larang" Warga Bungo Jambi.
Sumber :
  • Darlianto

Tradisi "Ngucak Lubuk Larang" Warga Bungo Jambi, dalam Mengisi Waktu Kebersamaan Saat Lebaran

Senin, 9 Mei 2022 - 18:23 WIB

Bungo, Jambi - Tradisi Panen ikan di lubuk larangan kembali dilakukan oleh masyarakat Trans Sungai Lipai, Desa Datar, Kecamatan Muko-muko Bathin VII, Kabupaten Bungo Jambi, dalam mengisi kebersamaan di waktu lebaran.

Tradisi yang dilakukan hampir setiap tahun ini, merupakan suatu bentuk kearifan lokal yang terus dilestarikan dalam mempererat tali silaturahmi sesama warga, baik yang tinggal di desa tersebut, maupun yang sedang diperantauan.

Momen ini biasa dilakukan warga, saat hari ke-7 Idul Fitri, untuk memberitahukan kepada warga yang akan bekerja dan menetap di luar Kabupaten Bungo, agar selalu ingat dengan Kampung Halaman.

Bukan hanya itu, momen ini juga mengingatkan kepada anak-anak muda, agar terus menjaga ekosistem sungai dari kepunahan.

Maidani, yang merupakan salah satu tokoh masyarakat Kecamatan Muko-muko Bathin VII menyebutkan, tradisi yang dilakukan warga saat ini adalah momen penting warga Bungo dalam mengisi kebersamaan di saat lebaran.

"Ini merupakan tradisi kita yang harus selalu terjaga karena momen ini lah kita bisa berkumpul bersama, baik tua ataupun muda," kata Maidani.

Masyarakat setempat maupun warga luar kota yang mudik ke Kabupaten Bungo kata Maidani, sangat antusias dalam menyambut  kegiatan panen ikan "Ngucak Lubuk Larang" di hari ke-7 lebaran.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:19
01:06
01:48
01:38
06:57
05:22
Viral