Kios Daging dan Ternak Sapi di Tanjungpinang Terancam Tutup.
Sumber :
  • Tim TvOne/Kurnia

Kios Daging dan Ternak Sapi di Tanjungpinang Terancam Tutup

Senin, 16 Mei 2022 - 17:18 WIB

Tanjungpinang, Kepulauan Riau – Kebijakan pemerintah melalui Balai Karantina Pertanian Jambi yang melarang pengiriman sapi ke wilayah Kepulauan Riau, berdampak merugikan para pedagang daging sapi segar dan peternak sapi di Tanjungpinang dan Bintan, Kepulauan Riau.

Ketua Persatuan Pedagang Daging Sapi Segar dan Peternak Sapi Tanjungpinang-Bintan, Thamrin mengungkapkan, larangan tersebut tertuang dalam surat edaran Balai Karantina Pertanian Jambi tentang penghentian sertifikasi karantina terhadap media PMK pada tanggal 15 Mei 2022.

“Adanya surat tersebut, saat ini tidak ada lagi pengiriman sapi dari Kuala Tungkal, padahal untuk pasokan sapi dari Jambi, Lampung dan Palembang seluruhnya dikirim lewat Kuala Tunggal, hanya di Kuala Tungkal tempat pengirimannya,”Jelas Thamrin, Senin (16/5/2022).

Lebih lanjut Thamrin menjelaskan, setiap pekan para pedagang daging sapi segar dan peternak di Tanjungpinang dan Bintan mendatangkan sapi lewat Kuala Tungkal untuk memenuhi kebutuhan pasar.

“Stok kami sudah menipis, sapi yang sudah kami pesan saat ini tertahan di Jambi, kemungkinan pekan depan kami sudah tidak bisa berjualan lagi,” ujarnya.

Mereka berencana akan mendatangi Balai Karantina Pertanian Tanjungpinang serta Gubernur Kepri untuk berdiskusi mencarikan solusi masalah ini.

“Kami berharap pemerintah memberikan diskresi, karena di Kepri tidak ada sentra peternakan yang ada hanya peternakan untuk penggemukan sapi dan stoknya terbatas,” ungkapnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
08:03
01:19
03:36
08:48
03:56
07:30
Viral