Dinas Peternakan  Nagan Raya Larang Pasokan Ternak dari Luar Daerah.
Sumber :
  • Tim Tvone/Chaidir

Cegah PMK, Dinas Peternakan  Nagan Raya Larang Pasokan Ternak dari Luar Daerah  

Selasa, 17 Mei 2022 - 10:51 WIB

Nagan Raya, Aceh - Cegah penyebaran wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Dinas Pertanian dan Peternakan  kabupaten Nagan Raya Aceh akan meningkatan pengawasan terhadap hewan ternak warga hingga melarang pasokan ternak dari luar daerah.
 
Kepala Bidang Peternakan Kabupaten Nagan Raya Safridal mengatakan, pihaknya akan melakukan pengawasan ketat terhadap hewan ternak warga khususnya hewan berkuku dua, seperti sapi, kerbau dan kambing.
 
"Kita akan memperketat pengawasan terhadap hewan ternak warga, hal ini untuk mencegah penyebaran wabah PMK di kawasan ini," sebut Kabid Peternakan Nagan Raya.
 
Safridal juga menambahkan, hingga kini tim terus melakukan pemeriksaan dan sosialisasi di tengah masyarakat, terhadap wabah PMK tersebut, sehingga semua mendapatkan pemahaman dan tidak panik.
 
"Agar tidak terjadi kepanikan yang berlebihan di tengah masyarakat, tim kita terus melakukan sosialisasi sambil memeriksa ternak warga," tambah Safridal. pada Selasa (17/5/2022).
 
Selain sosialisai dan pemeriksaan hewan ternak warga, Dinas Pertanian dan Peternakan Nagan Raya juga telah melarang adanya pasokan hewan ternak dari luar daerah, sehingga di harapkan wabah PMK tidak menyebar di kawasan Nagan Raya.
 
"Kita akan melakukan penyekatan dalam waktu dekat, sehingga tidak ada hewan ternak yang masuk selama wabah PMK," tegas Safridal.
 
Dinas Pertanian dan Peternakan juga meminta warga tidak resah, karena wabah PMK tidak menular pada manusia, namun yang perlu dilakukan lapor segera segera ke petugas jika mengetahui ada hewan yang terserang PMK.(Kha/Lno)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:26
01:54
01:18
02:35
02:56
03:32
Viral