Banjir Rob merendam pemukiman dan jembatan penghubung di Pulau Pasaran, Kecamatan Telukbetung Barat, Kota Bandar Lampung..
Sumber :
  • tim tvOne - Pujiansyah

Banjir Rob Rendam Ratusan Rumah dan Jembatan di Pulau Pasaran Bandar Lampung

Selasa, 17 Mei 2022 - 19:04 WIB

Bandar Lampung, Lampung - Musibah banjir rob melanda perairan di Pulau Pasaran, Kecamatan Telukbetung Barat, Kota Bandar Lampung. Ratusan rumah warga serta jembatan penghubung menuju Pulau Pasaran ikut terendam yang disebabkan banjir rob, sehingga aktivitas warga sempat terhenti total.

Wilayah Pulau Pasaran ini merupakan sentra pengolahan ikan asin. Banjir rob yang merendam permukiman warga ini dengan ketinggian 10-15 cm, akan makin tinggi karena berbatasan dengan laut atau muara serta dekat dengan parit. Air laut mulai pasang pada pukul 06.00 WIB dan mulai memasuki belasan permukiman warga meski hanya menggenang, bahkan sampai ke jalan raya.

Menurut Firman, salah seorang warga di Pulau Pasaran, menuturkan, banjir rob ini merupakan yang ketiga kalinya. Pertama kali terjadi pada 2019, kemudian 2021 dan terakhir tahun ini 2022. 

"Besok kayaknya lebih gede lagi, karena terang bulan, sampai beberapa hari ke depan baru mulai turun," kata Firman, Selasa (17/5/2022).

Firman menambahkan, banjir akan terjadi selama beberapa hari ke depan, dan dia sudah mewaspadai hal tersebut, karena banjir rob memang rutin karena pengaruh pasang surut dan gaya tarik bulan dan matahari. 

"Banjir rob ini merupakan yang paling parah. Dan kemungkinan akibat reklamasi," ungkapnya.

Lanjut Firman mengatakan, semenjak tinggal di Pulau Pasaran banjir rob sejak 2019 lalu dan saat ini menjadi yang terparah. Banjir ini bahkan merendam jembatan penghubung yang menjadi akses transportasi.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:12
04:55
03:10
01:25
17:29
03:50
Viral