Wabah PMK, 6 Lokasi Pasar Ternak di Padang Pariaman Ditutup Mulai Hari Ini.
Sumber :
  • Tim Tvone/Andri

Wabah PMK, 6 Lokasi Pasar Ternak di Padang Pariaman Ditutup Mulai Hari Ini

Rabu, 18 Mei 2022 - 19:37 WIB

Pariaman, Sumatera Barat – Pasca Kasus 61 ternak yang positif teridentifikasi Penyakit, Mulut dan Kaki (PMK), di Padang Pariaman, Dinas Peternakan Kabupaten Padang Pariaman menutup 6 pasar ternak yang ada di Kabupaten Padang Pariaman mulai hari ini.
 
Adapun penemuan kasus penyakit PMK tersebut yaitu 59 ekor hewan ternak di antara jumlah hewan ternak yang terinfeksi tersebut, 52 di antaranya sapi, dan tujuh ekor lainnya kerbau, sedangkan 2 ekor sapai yang ditemukan hari ini masih dalam pemeriksaan, kasus pertama ditemukan pada hari Jumat (13/5/2022) di Ulakan Tapakis.
 
"Jumat kami sudah turun lapangan, setelah mendapatkan laporan dari kawan-kawan di kecamatan, bahwa da tiga ekor sapi di Ulakan Tapakis yang terinfeksi," ungkap dia
 
Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Padang Pariaman Bustanul Arifin mengungkapkan, enam lokasi pasar ternak yang ditutup adalah Pasar Ternak Sungai sariak, Pasar Ternak Pakandangan,  Pasar Ternak Sungai Garinggiang, Pasar Ternak Sungai Limau. Bustanul mengaku untuk hari ini pasar masih ditutup 50 persen, namun pada Rabu depan semua pasar akan ditutup total.
 
“Untuk sementara pasar ternak masih di tutup sekitar 50 persen pada Rabu (18-05-2020) hingga jam 15.00 WIB nanti, namun untuk Rabu depan pihaknya akan menutup total keseluruhan pasar ternak yang ada di Padang Pariaman.”
Kadis juga mengimbau kepada para peternak untuk memisahkan ternak mereka yang teridentifikasi penyakit PMK, dari ternak lainnya, dan pihaknya akan terus pemantau perkembangan ternak yang teridentifikasi PMK tersebut. Selain itu Tim Dinas Peternakan masih melakukan sidak ke beberapa pasar ternak lainnya hingga hari ini. (Asa/Lno)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:06
02:40
02:12
02:15
01:24
01:49
Viral