Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo saat Meninjau Ternak Sapi di Tulang Bawang Barat, Lampung..
Sumber :
  • Herli

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo Tinjau PMK di Lampung

Minggu, 22 Mei 2022 - 19:04 WIB

Tulang Bawang Barat, Lampung - Menteri Pentanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo, melakukan kunjungan kerja ke Tulang Bawang Barat, Lampung, untuk meninjau kandang ternak sapi milik warga yang terpapar Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), di Tiyuh Mulya Jaya, Kecamatan Gunung Agung, Minggu (22/5/2022).

Saat kunjungan itu Mentan melakukan  penyerahan asuransi bagi kelompok ternak sapi dan bantuan obat obatan, guna memulihkan dan menjamin keamanan ketersediaan sapi menjelang Idul Adha.
 
Syahrul Yasin Limpo dan rombongan dari Dinas Pertanian dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung, meninjau peternakan sapi warga untuk mempercepat pengendalian dan penanggulangan PMK. Dalam kunjungannya menteri melihat kondisi ternak sapi warga yang sebelumnya terpapar PMK sudah dalam proses pemulihan. Ia pun memberikan bantuan obat-obatan seperti disinfektan dan alat semprot guna mensterilkan kandang sapi.
 
Menteri Pertanian menjelaskan ada beberapa wilayah yang sapinya terjangkit penyakit mulut dan kuku.

“Ya saat ini semua dalam proses pemulihan dan penanggulangan, dengan tingkat kesembuhan mencapai 90 persen lebih,” ungkapnya.

“Kami pihak Kementrian mendorong peternak sapi untuk mengikuti polis asuransi yang saat ini tengah diprogamkan pihak Kementrian Pertanian guna menjamin kesehatan ternak, guna memebentuk ternak yang sehat,“ lanjutnya usai menyemprot kandang sapi milik warga.
 
Menurut Nasarudin, Kepala Dinas  Peternakan Tulang Bawang Barat, Lampung, saat ini ada 3000 lebih ternak sapi dan kambing di wilayah Tulang Bawang , dan ada beberapa yang terserang PMK.

“Di wilayah kami sebanyak 22 ternak sapi terjangkit dengan hasil enam positif yang saat ini semuanya tengah menjalani proses pemulihan dan kesembuhan,”ungkapnya. (Her/Nof)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:49
01:41
01:47
06:30
01:40
02:00
Viral