Lahan gambut terbakar di Nagan Raya Aceh.
Sumber :
  • Tim Tvone/ Chaidir Azhar

Tujuh Hektar Lahan Gambut di Nagan Raya Terbakar, Petugas Kewalahan Padamkan Api  

Jumat, 27 Mei 2022 - 19:01 WIB

Nagan Raya, Aceh - Seluas tujuh hektar lahan gambut di Desa Puloe Kruet, Kecamatan Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya terbakar akibat kekeringan. Sumber air yang minim membuat petugas kewalahan memadamkan api yang semakin membesar.

Kepala Pelaksana (Kalak), Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Nagan Raya, Irfandi mengatakan, puluhan personel gabungan sudah dikerahkan untuk melakukan upaya pemadaman. “Kebakaran sudah terjadi sejak Senin 24 Mei lalu dan kemarin sudah ditemukan titik baru lagi, saat ini kami sedang melakukan upaya pemadaman di lahan yang terbakar, lebih kurang 7 hektar,” kata Irfandi saat dikonfirmasi, Jumat (27/5/2022).  

Dikatakan Irfandi, selain sumber air yang langka, jalan menuju lokasi lahan yang terbakar juga tak dapat dilalui armada kebakaran. Hal tersebut juga menjadi kendala bagi petugas untuk melakukan pemadaman dengan cepat.

Personel gabungan dari TNI, Polri dan BPBD dibantu masyarakat yang terjun ke lokasi kebakaran lahan hanya bermodal mesin pompa air manual untuk memadamkan api. Perkiraan sementara munculnya titik baru yang terbakar akibat cuaca panas disertai angin kencang. BPBD juga berupaya membuat penyekatan di titik tertentu agar api tidak menyebar ke lokasi yang belum terbakar.  

“Upaya pemadaman yang sudah dilakukan sejak beberapa hari kemarin sudah mencapai 95 persen. Sementara untuk lokasi baru berjarak sekitar satu kilometer dari lokasi awal. Saat ini sedang dilakukan upaya pemadaman,” sebut Irfandi.

Petugas mengimbau kepada warga untuk tidak membuka lahan baru dengan cara membakar, selain membahayakan lingkungan juga menyebabkan adanya polusi udara. (kha/wna)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral