Puluhan petugas gabungan sedang berupaya memadamkan kebakaran lahan.
Sumber :
  • Tim Tvone/ Chaidir Azhar

Kebakaran Lahan Gambut di Nagan Raya Terus Meluas

Sabtu, 28 Mei 2022 - 16:16 WIB

Nagan Raya, Aceh - Kebakaran lahan gambut di Kecamatan Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya Aceh terus meluas. Akibatnya, petugas meminta pemerintah Provinsi Aceh maupun pusat untuk mengirimkan bantuan. Adapun sejumlah kendala yang dihadapi petugas, diantaranya tidak ada sumber air dan akses yang sulit, ditambah alat yang tidak memadai untuk memadamkan api membuat petugas gabungan dari TNI, Polri, BPBD dan warga tidak bisa berbuat banyak untuk memadamkan kebakaran lahan yang terus meluas.

Camat Darul Makmur Tawaruddin mengatakan, kebakaran lahan di wilayah setempat terus meluas dan pihaknya belum bisa memperkirakan luas lahan yang sudah terbakar. "Karena sudah sangat luas kami sudah tidak bisa memperkirakan berapa hektar sudah lahan gambut terbakar," sebut Camat Darul Makmur, Sabtu (28/5/2022).

Tawaruddin menambahkan, meski jumlah petugas terus ditambah, namun akses untuk menuju titik api sulit dijangkau, ditambah alat yang tidak memadai membuat pihaknya tidak bisa berbuat banyak. "Aksesnya sangat sulit, sumber air tidak ada, selain itu alat kita tidak memadai, sehingga api sulit untuk kita padamkan," tambah Tawaruddin.

Tawaruddin berharap, pemerintah provinsi bisa membantu untuk memadamkan kebakaran lahan gambut di Nagan Raya agar tidak terus meluas. "Kita sangat mengharapkan dukungan warga untuk tidak membuka lahan baru dengan cara membakar, dan tidak merokok saat berada di lahan yang kering karena akan memperparah kebakaran," tegas Tawaruddin. (kha/wna)

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:49
01:41
01:47
06:30
01:40
02:00
Viral