Diduga Karena Puntung Rokok, Satu Hektare Hutan Pinus Hangus Terbakar di Bener Meriah.
Sumber :
  • Chaidir Azhar

Diduga Karena Puntung Rokok, 1 Hektare Hutan Pinus Hangus Terbakar di Bener Meriah

Minggu, 5 Juni 2022 - 11:14 WIB

Bener Meriah, Aceh - Diduga sembarangan membuang puntung rokok, satu hektare hutan pinus hangus terbakar di Desa Mangku, Kecamatan Bandar, Kabupaten Bener Meriah.

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bener Meriah, Safriadi, menyebutkan, hutan pinus yang terbakar  tersebut berada tepat di pinggir Jalan Lintas Kecamatan Syiah Utama - Pondok Baru.

"Hutan pinus yang terbakar ada lebih kurang satu hektare, petugas sempat kesulitan memadamkan api karena angin sempat bertiup kencang," sebut Safriadi, pada Minggu (5/6/2022).

Lanjut Safriadi, untuk memadamkan kebakaran hutan pinus tersebut, pihaknya mengerahkan satu unit mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) dari Posko Pondok Baru, api baru bisa dipadamkan setelah 30 menit.

Safriadi mengaku tidak mengetahui pasti dari mana sumber api yang membakar satu hektare hutan pinus.

"Posisi hutan pinus kan berada di pinggir jalan raya utama antar kecamatan, mungkin ada warga yang melintas tidak sengaja membuang puntung rokok, namun peyebab pastinya kita tidak mengetahuinya," sebut Kalak BPBD Bener Meriah.

Safriadi juga meminta warga tidak membuka lahan baru dengan cara membakar, dan tidak sembarangan membuang puntung rokok di tengah musim kemarau.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:28
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
Viral