Petugas sedang memberikan pengobatan pada sapi yang terjangkit PMK di Kabupaten Nagan Raya.
Sumber :
  • Chaidir Azhar/tvOne

700 Ekor Hewan Ternak yang Terjangkit PMK di Nagan Raya Akhirnya Sembuh

Senin, 27 Juni 2022 - 13:35 WIB

Nagan Raya, Aceh - Upaya pengobatan herbal yang dilakukan Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Nagan Raya mulai memperlihatkan hasil yang cukup baik.

Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Nagan Raya Safridhal mengatakan lebih dari 1.000 sapi dan kerbau yang terjangkit penyakit mulut dan kuku (PMK), 700 ekor diantaranya dinyatakan sembuh.

"Alhamdulillah sudah 700 ekor hewan ternak yang terjangkit PMK sembuh dengan obat herbal," katanya, Senin (27/6/2022).

Safridhal meminta para peternak tidak perlu panik dengan wabah PMK. Akan tetapi, para peternak harus selalu berkoordinasi dengan petugas jika menemukan ada hewan ternak memiliki gejala PMK.

"Jadi peternak jangan panik. Koordinasi tetap harus berjalan, sehingga jika ada hewan ternak yang terserang bisa langsung ditangani," ujarnya.

Untuk mengantisipasi wabah PMK tidak terus meluas, petugas bekerja siang malam untuk memantau hewan ternak warga. Jika ada yang terjangkit, petugas bisa langsung memberikan pengobatan.

Meluasnya wabah PMK di Kabupaten Nagan Raya berdampak pada stok kebutuhan hewan kurban jelang Idul Adha. Untuk mencukupinya, pemerintah setempat terpaksa harus memasok sapi dan kerbau dari luar daerah.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:36
06:06
01:05
01:46
02:38
03:57
Viral