Petugas BMKG Kotabumi, Lampung menunjuk titik lokasi pusat gempa berkekuatan 6,5 Magnitudo Bengkulu.
Sumber :
  • Pujiansyah

Gempa Magnitudo Guncang Kabupaten Kaur Bengkulu Terasa Hingga Lampung, Ini Penjelasan BMKG Kotabumi Lampung

Rabu, 24 Agustus 2022 - 02:59 WIB

Bandar Lampung, Lampung - Gempa berkekuatan 6,5 Magnitudo yang berpusat di Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu, dirasakan oleh warga di Provinsi Lampung. Guncangan dilaporkan terasa oleh warga yang berada di wilayah pesisir Lampung, mulai dari Kabupaten Pesisir Barat, Kabupaten Lampung Barat, Kabupaten Tanggamus hingga Kota Bandar Lampung.

Bigar Kristantyo, Staff PMG BMKG Kotabumi, Regional 2 BMKG Bengkulu - Jawa Barat menuturkan, pusat gempa berada di laut 64 Km Barat Daya Kaur-Bengkulu, dengan kekuatan gempa 6,5 Magnitudo.

Bigar menambahkan, gempa bumi ini dirasakan di daerah Kabupaten Kaur hingga wilayah Lampung. Gempa bumi yang terjadi ini tidak berpotensi tsunami. Untuk gempa susulan belum tercatat, namun masyarakat diminta untuk tetap waspada jika terjadi gempa susulan.

"Gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah Lempeng Eurasia tepatnya di zona Megathrust. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault)," jelasnya.

Sementara itu, Roni ,warga Kota Agung mengatakan dirinya merasakan gempa yang terjadi saat sedang menonton televisi. Kekuatan gempa yang terasa cukup besar sehingga membuatnya berlarian keluar rumah.

"Tadi saya lagi nonton tv besar sekali gempa nya itu pada keluar semua tetangga tadi . Alhamdulillah tidak ada kerusakan cuma panik aja semua," kata Roni.

Ia pun berharap agar tidak terjadi gempa susulan. "Mudah-mudahan ga ada gempa susulan lah, takut juga kalo ada gempa lagi," pungkasnya. (puj/ade)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:52
01:15
01:10
11:40
03:35
01:05
Viral