Kendaraan alat berat membersihkan material longsor.
Sumber :
  • Tim Tvone/ Darlianto

Pascaditerjang Longsor, Jalan Penghubung Bangko - Kerinci Kembali Normal

Sabtu, 3 September 2022 - 18:16 WIB

Merangin, Jambi - Kapolsek Pangkalan Jambu menginformasikan pascaditerjang longsor pada Jumat (2/9/2022) kemarin, akses jalan penghubung Bangko - Kerinci yang berada di Desa Birun, Kecamatan Pangkalan Jambu kembali normal.

Dijelaskannya, setelah dilakukan pembersihan tumpukan material tanah dan bebatuan yang menutupi badan jalan, saat ini sudah bisa dilalui oleh kendaraan roda empat dan roda dua. "Sampai sore ini, jalur yang ditutupi material tanah dan bebatuan sudah bisa dilalui kendaraan," jelasnya, Sabtu (3/9/2022).

Mulyono menyebutkan, pihaknya yang dibantu dari dinas terkait terus melakukan monitoring di lokasi beberapa titik longsor. Ada 3 titik yang aspalnya tergerus oleh longsor, sehingga mobil yang bermuatan berat belum bisa melewati jalan tersebut.

"Dari pantauan hari ini bersama dinas terkait, ada 3 lokasi longsor yang sedikit parah, sehingga kendaraan yang bermuatan 20 ton belum bisa melewati wilayah Birun dan saat ini masih terparkir di kantong-kantong parkir," tuturnya.

Hingga saat ini, tambahnya, 3 alat berat sudah disiagakan di lokasi titik longsor untuk membersihkan material yang masih berserakan di badan jalan. "Saat ini, ada bantuan alat berat dari pihak PLTA dan Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jambi yang standby di lokasi untuk membersihkan jalur yang masih terdapat puing-puing longsor," terangnya.

Sebelumnya, Mulyono menginformasikan telah terjadinya longsor di Desa Birun, Kecamatan Pangkalan Jambu, Kabupaten Merangin, Jambi yang melumpuhkan akses jalan penghubung Bangko - Kerinci, diakibatkan tingginya curah hujan pada Kamis (1/9/2022) malam hingga Jumat (2/9) kemarin. “Di samping longsor, tumpukan material tanah dan bebatuan banyak menutupi jalan, sehingga kendaraan tidak bisa melewati," tutupnya. (dar/wna)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:58
06:38
01:04
05:15
09:25
Viral