Desa Wisata Dayun Siak Raih Juara 1 Ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia Menparekraf.
Sumber :
  • Tim TvOne/Muhammad Arifin

Desa Wisata Dayun Siak Raih Juara 1 Ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia Menparekraf

Senin, 31 Oktober 2022 - 10:46 WIB

Siak, Riau - Desa Wisata Dayun Kabupaten Siak, Riau, meraih juara 1 nasional dalam kategori kelembagaan desa wisata di ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf). 

Kategori kelembagaan desa wisata bertujuan untuk menunjukkan kolaborasi antara masyarakat dalam upaya mengembangkan potensi desa di wilayah masing-masing.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Siak, H Tekad Perbatas Setia Dewa, memberikan apresiasi untuk Desa Wisata Dayun yang telah berhasil meraih peringkat pertama kategori kelembagaan desa wisata ADWI 2022.

Dikatakan dia, prestasi ini merupakan kebanggaan untuk Provinsi Riau Khususnya Kabupaten Siak karena telah mampu bersaing dan unggul dari desa wisata lainnya  se-Indonesia.

“Tentu kita bahagia sekali, berarti tandanya kita bisa bersaing dengan daerah-daerah lain se-Indonesia. Kita bisa lebih unggul dari desa wisata lainnya, khusus di bidang kelembagaan,” ungkapnya, Senin (31/10/2022).

Tekad menjelaskan, bahwa desa wisata ini memiliki tujuh kategori. Desa Wisata Dayun mempunyai ke unggulan terhadap kelembagaannya. Karena, masyarakat di desa tersebut banyak yang sadar wisata, kreatif, inovatif, dan kolaboratif. Sehingga, mampu memberikan nilai tambah, menciptakan peluang usaha, serta lapangan kerja.

“Desa wisata ini ada tujuh kategori. Pada saat lomba kita sudah memutuskan Desa Dayun ini masuk ke dalam desa kelembagaan karena itu yang unggul di sana. Dari sisi administrasi, dari sisi kepengurusan Pokdarwisnya, dan dari sisi pengelolaan destinasinya. Jadi jelas keuntungan pola-pola di sana sangat kreatif desanya. Itulah yang menjadi andalan mereka,” jelasnya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral