Pasca Banjir Medan, Ratusan Warga Melihat Aliran Sungai Deli yang Meluap.
Sumber :
  • Tim TvOne/Zulfahmi

Banjir di Medan, Kogana Sumut: Dunia Usaha Harus Peduli Bencana

Senin, 21 November 2022 - 19:18 WIB

Medan, Sumatera Utara - Bencana banjir yang terjadi di berbagai wilayah di Kabupaten/Kota Sumatera Utara, sejak seminggu terakhir, membuat pemerintah melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Utara dan para relawan, justru kesulitan dalam menghadapi penanganan darurat kebencanaan, terkhusus untuk penyaluran bantuan kepada para korban banjir, sehingga perlunya peran dunia usaha untuk diikutsertakan dalam penanganan musibah ke depannya.

Ketua Komunitas Siaga Bencana (Kogana) Sumut Benny Yudi Purnama mengatakan, mengevaluasi dari bencana banjir yang terjadi pada Jumat (18/11/2022) hingga Sabtu 19/11/2022) kemarin khususnya dikota Medan, Benny selaku relawan kemanusiaan yang terjun langsung ke lokasi banjir, menyimpulkan perlunya adanya peran dunia usaha untuk berkolaborasi dengan pemerintah provinsi dan pemerintah di kabupaten/kota ke depannya.

“Saya selaku relawan kemarin terjun kebeberapa titik lokasi banjir dikota Medan, bersama BPBD Medan, justru saya melihat peran mereka (BPBD) sangat kewalahan dalam penanganan banjir, akan tetapi adanya bantuan dari kalangan relawan peduli dan tanggap bencana dalam Komunitas Siaga Bencana Provinsi Sumatera Utara, yang ikut berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Medan, secara perlahan penanganan kepada korban banjir dapat diselesaikan, di antaranya membantu penyaluran seperti, makanan, minuman, pakaian dan bantuan sosial lainnya,” kata Benny, Senin (21/11/2022) kepada tvonenews.com di Medan.

Ketua Komunitas Siaga Bencana Sumut itu, menambahkan, ketika mempelajari saat bencana banjir terjadi, masyarakat justru sangat banyak membutuhkan bantuan dari segala pihak, tidak hanya dari pemerintah saja akan tetapi perlunya dunia usaha untuk wajib diikutsertakan dalam penanganan musibah.

“Mempelajari dan melihat pada bencana banjir di Medan, selama dua hari berturut kemarin, peran pemerintah melalui BPBD Medan dan segenap relawan kemanusian dalam membantu para korban banjir cukup tinggi, akan tetapi disayangkan keterkaitan dunia usaha saat ini belum maksimal untuk terlihat keterlibatannya dan dunia usaha harus peduli bencana,” ucapnya.

Tambah Benny, langkah satu komando ini tertuju agar penanganan bencana di wilayah Sumatera Utara, mulai dari musibah banjir, longsor, gempa bumi dan lainnya, dapat segera terselesaikan dengan cepat dan baik, sehingga masyarakat yang menjadi korban mendapatkan hak haknya sebagai warga negara Indonesia.

“Para dunia usaha, yang saya ketahui tentunya ada CSR-nya. Ya mengharapkan CSR untuk kebencanaan itu terpisahkan, memiliki forum tersendiri yang mana memiliki kepemahaman dalam kebencanaan ke depannya, disayangkan untuk kebencanaan hanya disisihkan sedikit saja melalui forum tanggung jawab sosial,” ucap tegas, Ketua Kogana Sumut.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:41
02:33
02:15
05:26
01:05
02:10
Viral