Peserta rapat lintas agama menjelang perayaan Imlek.
Sumber :
  • Tim Tvone/ Jupri

Rapat Lintas Agama Jelang Imlek di Polres Karimun Sepakati Hal-hal Ini

Sabtu, 21 Januari 2023 - 17:41 WIB

Karimun, Kepri - Jelang Hari Raya Imlek 2570 tahun 2023, Polres Karimun menggelar rapat koordinasi lintas agama yang dipimpin oleh Kapolres Karimun, AKBP Ryky Widya Muharam, melalui Kapolsek Meral, AKP Brasta Pratama di Kantor Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI), Kabupaten Karimun, Jalan Pasar Naga Mas, Kelurahan Baran Timur Meral, Sabtu (21/1/2023).

Rapat lintas sektor tersebut untuk menciptakan Sitkamtibmas aman, damai dan kondusif selama perayaan Imlek di Kabupaten Karimun. Dalam rapat tersebut didapati beberapa kesepakatan diantaranya penyalaan kembang api pada perayaan Imlek paling lambat pukul 24.00 WIB. Sedangkan khusus penyalaan petasan kembang api pada tanggal 29 di Jalan A. Yani Meral Kota, dalam ibadah dewa diberikan waktu sampai pukul 01.00 WIB. 

Selain itu, juga disepakati penyalaan petasan dan kembang api harus memperhatikan waktu ibadah umat Islam serta waktu istirahat masyarakat umum yang dimulai pada pukul 20.00 WIB sampai pukul 24.00 WIB.

"Kita mengimbau kepada tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, dan Ormas beserta OKP, mari bekerja sama dalam menciptakan Sitkamtibmas aman, damai dan kondusif selama perayaan Imlek di Kabupaten Karimun," ucap Kapolsek Meral, AKP Brasta Pratama.

Brasta juga mengimbau kepada warga untuk selalu menaati protokol kesehatan saat merayakan Imlek untuk mencegah klaster baru Covid. Ia juga mengimbau kepada warga yang ke luar kota agar meningkatkan keamanan rumah demi mencegah tindakan kriminal, seperti pencurian.

"Kita juga mengimbau kepada panitia pada perayaan hiburan Cap Go Me yang menghadirkan artis dari luar negeri, agar menggunakan pakaian yang sopan sesuai kearifan lokal, karena yang menonton bukan hanya warga Tionghoa tetapi seluruh umat beragama di Karimun," pinta Kapolsek Meral. (aji/wna)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:09
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
Viral