Jalan Malioboro Yogyakarta.
Sumber :
  • Tim tvOne - Andri Prasetiyo

Polda DIY Terapkan Malam Bebas Kendaraan Selama Lebaran di Kawasan Malioboro Yogyakarta

Rabu, 19 April 2023 - 21:48 WIB

Sleman, tvOnenews.com - Malam bebas kendaraan atau Car Free Night di kawasan Malioboro, Yogyakarta tidak akan diberlakukan selama Idul Fitri 1444 H. Peniadaan Car Free Night akan diberlakukan mulai H-3 hari ini hingga H+5 Lebaran 2023.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda DIY Kombes Pol Alfian Nurrizal mengatakan pihaknya sudah bersepakat dengan stakeholder dan forum lalu lintas untuk meniadakan Car Free Night pada Lebaran tahun ini.

"Biasanya kita lakukan untuk Car Free Night jam 18.00 hingga 21.00 WIB. Ini kita tidak akan berlakukan dari Jalan Malioboro ke Ahmad Yani depan Gedung Agung itu yang ke kiri ke Senopati maupun ke Ahmad Dahlan itu kita lakukan untuk langsung tidak mengikuti traffic light, kecuali yang ke utara atau ke Keraton melalui traffic light," kata Dirlantas di Mapolda DIY, dikutip Rabu (19/4/2023).

Peniadaan Car Free Night di kawasan Malioboro menurut Dirlantas adalah untuk menghindari penumpukan dan kepadatan kendaraan. Sehingga diharapkan tidak terjadi kemacetan di titik-titik keramaian seperti Malioboro.

"Kami yakinkan kepadatan ada tapi saya yakinkan Insya Allah semua roda berputar, tidak ada kemacetan di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta," terangnya.

Dirlantas menambahkan, pihaknya juga mengantisipasi adanya kemacetan di kawasan wisata, utamanya sepanjang pantai di Gunungkidul. Mulai dari Pantai Baron hingga Indrayanti disebutnya akan menjadi destinasi wisata yang sangat padat pada saat libur lebaran 2023.

Terlebih saat ini sudah ada Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) yang bisa menjadi pilihan menuju ke kawasan pantai. Namun pembangunan JJLS tersebut belum sepenuhnya rampung, karena masih ada jalan yang belum teraspal.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:08
01:01
19:40
00:44
02:52
08:59
Viral