Penanaman kedelai secara masif di wilayah Gunungkidul melalui program Gerakan Tanam Kedelai, Selasa (6/6/2023)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Lucas Didit

Kejar Target Swasembada 2026, Mentan SYL Sebut Gunungkidul Bisa Dukung Pengurangan Impor Kedelai

Selasa, 6 Juni 2023 - 21:38 WIB

Gunungkidul, tvOnenews.com - Kementan RI kini tengah berupaya mengejar target swasembada kedelai pada 2026 mendatang. Perluasan lahan tanam kedelai pun jadi salah satu prioritas yang dilakukan, termasuk di wilayah Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Hal tersebut disampaikan Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo, saat melakukan kunjungan kerja ke Kapanewon Semin, Gunungkidul, Selasa (06/06/2023).

Kunjungan ini terkait dengan program Gerakan Tanam Kedelai, yang diharapkan mampu membantu peningkatan produksi kedelai nasional.

"Kita berharap bisa muncul pertanaman kedelai yang masif di wilayah Gunungkidul ini. Tentunya peningkatan produksi ke depan nanti bisa membantu mengurangi ketergantungan terhadap impor kedelai. Terlebih saat ini 90 persen lebih kebutuhan kedelai nasional dipasok dari luar negeri," kata Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo, Selasa (06/06/2023).

"Meski bertahap, kami sedang melangkah menuju ke sana (swasembada). Saya berharap tidak hanya penanaman lahan kedelai yang masif, tapi juga melakukan upaya pengolahan kedelai dari hulu ke hilir yang melibatkan petani secara langsung," lanjutnya.

Syahrul juga menjelaskan, program ini sudah sesuai arahan dari presiden, dan Gunungkidul diharapkan bisa menjadi percontohan untuk program ketahanan pangan kedelai nasional.

Sementara itu, Bupati Gunungkidul, Sunaryanta, menyambut baik program Gerakan Tanam Kedelai ini. Maka jika dilihat luasan lahan di wilayah Gunungkidul, tidak meutup kemungkinan memperluas lahan kedelai akan ditambah.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral