Pasar Hewan di Gunungkidul masih buka meski kasus Antraks masih ada..
Sumber :
  • Tim tvOne - Lucas Didit

Meski Kasus Antraks Masih Ada Pasar Hewan di Gunungkidul Tetap Dibuka

Jumat, 14 Juli 2023 - 21:19 WIB

Gunungkidul, tvOnenews.com - Meski kasus antraks masih ada, Dinas Perdagangan Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta memastikan tidak ada penutupan pasar hewan. Namun demikian, sebagai upaya antisipasi, jalur masuk dan keluar ternak di pasar lebih diperketat

Kepala Dinas Perdagangan Gunungkidul, Kelik Yuniantoro mengatakan, penyebaran penyakit antraks di Dusun Jati, Kalurahan Candirejo, Kapanewon Semanu, tidak memengaruhi aktivitas jual beli di pasar hewan di Gunungkidul.

“Karena tidak ada instruksi penutupan pasar, jadi masih tetap buka. Termasuk di Pasar Munggi yang lokasinya masih satu kapanewon dengan lokasi penemuan awal antraks di Semanu,” kata Kelik, Jumat (14/7/2023).

Namun pengetatan laju keluar masuk hewan ternak di pasar lebih ditingkatkan, dengan memeriksa kondisi kesehatan hewan yang ada.

“Pelaksana teknisnya dilakukan oleh petugas dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan. Jadi di setiap pasar ada yang memeriksa hewan yang akan masuk ke pasar,” ujarnya.

Terkait dengan aktivitas jual beli, Kelik mengatakan memang terjadi penurunan harga dan minat beli. Namun demikian, untuk penurunan harga sudah menjadi hal biasa setelah Idul Adha.

“Memang setiap tahun setelah Idul Adha penjualan menurun. Kalau sekarang kebetulan ada penyebaran antraks, ya bisa jadi mempengaruhi minat beli masyarakat,” imbuhnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:59
02:08
01:12
03:01
00:52
02:33
Viral