Keluarga besar Djoko Pekik mengelilingi jenazah sang maestro di rumah duka yang ada di Sembungan, Kasihan, Bantul, Sabtu ( 12/8)..
Sumber :
  • tim tvOne - Santosa Suparman

Tutup Usia, Seniman Lukis Kenamaan Djoko Pekik telah Siapkan Sendiri Makamnya di Makam Seniman Imogiri

Sabtu, 12 Agustus 2023 - 16:32 WIB

Bantul, tvOnenews.com - Pelukis kenamaan Indonesia,  Djoko Pekik tutup usia pada Sabtu (12/8/2023) sekitar pukul 08.00 di Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta. Sang maestro meninggal dunia karena peyakit yang dideritanya.  

Nihil Paguril, putra keempat Djoko Pekik mengatakan bahwa ayahnya menderita diabetes lebih dari 10 tahun lamanya. Bahkan, 2 tahun yang lalu sempat jatuh dan menjalani operasi kaki. 

"Terakhir, 2 minggu yang lalu juga jatuh lagi dan cedera pada tangan, namun sudah bisa diatasi. Tetapi,  pagi tadi,  tiba-tiba, beliau drop kondisinya dan kita bawa ke Rumah Sakit Panti Rapih. Pada jam 8 pagi tadi, dokter menyatakan bahwa bapak tutup usia," ungkap Nihil Paguril saat ditemui di rumah duka di Sembungan, Kasihan, Bantul, Yogyakarta, Sabtu (12/8) siang.

Nihil paguril menambahkan, jauh sebelum ayahnya meninggal telah berpesan agar semua anak - anaknya merawat dan menjaga karya - karyanya yang ada di gallery Sembungan," tuturnya.

Berdasarkan penuturan Nihil, Djoko Pekik pernah berpesan, bila nanti dirinya meninggal dunia, jenazahnya dilewatkan Jalan Malioboro dan Wirobrajan, rumahnya dahulu.

Oleh karena itu, ketika perjalanan dari rumah sakit Panti Rapih menuju rumah duka di Sembungan, ambulans yang membawa jenazah Djoko Pekik melintasi jalan Malioboro dan singgah sebentar di rumahnya dulu, yaitu di Wirobrajan, Kota Yogyakarta.

" Iya, beliau ketika sakit dan sehabis periksa di rumah sakit, pulangnya selalu minta dilewatkan Malioboro dan Wirobrajan. Sehingga tadi dari rumah sakit, ambulans yang membawa jenazah bapak melewati Malioboro dan Wirobrajan," ujarnya.Sementara itu, Yani Sapto Hudoyo istri mendiang seniman Sapto Hudoyo mengaku sangat kehilangan dengan meninggalnya seniman senior Djoko Pekik  yang sering membantu kegiatan seniman.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:41
02:33
02:15
05:26
01:05
02:10
Viral