Penyandang disabilitas menjalani ujian praktek SIM D dengan kendaraan yang sudah dimodifikasi..
Sumber :
  • Tim tvOne - Santosa Suparman

Puluhan Penyandang Disabilitas dapat Pelayanan Khusus Pembuatan SIM D di Polres Bantul

Jumat, 22 September 2023 - 11:38 WIB

Bantul, tvOnenews.com - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bantul, melayani permohonan pembuatan surat izin mengemudi (SIM) jenis D yang diperuntukkan khusus bagi penyandang disabilitas di Kantor Satpas Satlantas Polres Bantul, Yogyakarta.

“Sebanyak 30 masyarakat difabel di Kabupaten Bantul mengikuti ujian SIM D di Satlantas Polres Bantul. Pembuatan SIM baru 27 orang dan perpanjangan ada tiga orang,” ungkap Kasi Humas Polres Bantul, Iptu I Nengah Jefrry Prana Widnyana, Kamis (21/9/2023).

Sebelumnya, lanjut Jeffry, mereka juga telah menjalani tes kesehatan dan psikologi di RS Bhayangkara Polda DIY.

Adapun prosedur yang dilalui para peserta yakni mulai dari tes kesehatan, tes psikologi, tes teori dan tes praktik. Hal ini sesuai dengan ST Kapolri Nomor:ST/1983/IX/YA.11/2022, penyandang disabilitas dapat mengajukan permohonan Surat Izin Mengemudi (SIM).

Dengan menggunakan motor yang sudah dimodifikasi khusus sesuai kebutuhan masing-masing, mereka lancar mengikuti ujian praktik SIM.

“Tesnya seperti mekanisme yang sudah ada. Alhamdulillah tes untuk disabilitas lancar semua tidak ada kendala, karena sirkuit yang baru sangat memudahkan, bukan hanya untuk SIM C, tetapi juga untuk disabilitas,” katanya.

Jeffry menambahkan, meskipun prosesnya dipermudah, pemohon SIM berkebutuhan khusus tetap wajib memenuhi persyaratan kesehatan jasmani dan rohani dengan menunjukkan surat keterangan dokter dan psikologi yang berlaku.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:38
03:09
10:13
04:52
03:06
01:24
Viral