Karnaval budaya bertema wayang hingga budaya lokal dalam HUT ke 267 Kota Yogyakarta, Rabu (4/10/2023)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Nuryanto

Ribuan Pelajar Gelar Karnaval Bertema Wayang hingga Batik Meriahkan HUT Kota Yogyakarta

Rabu, 4 Oktober 2023 - 16:09 WIB

Yogyakarta, tvOnenews.com - Ribuan pelajar di Kota Yogyakarta menggelar karnaval budaya melalui rute melintasi Tugu Pal Putih maupun kawasan heritage lainnya dengan tema khasanah budaya kota Yogyakarta. 

Para pelajar juga menampilkan budaya wayang, pakaian tradisional khas Yogyakarta hingga atribut musik dari barang bekas. Salah satu sekolah yang menggelar karnaval yakni SMPN 6 Yogyakarta dengan mengusung tema besarnya Kejogjaan dengan judul tema “Yogyakarta Sejuta Pesona”.

Menurut Kepala Sekolah SMP 6 Yogyakarta, Dwi Isnawati, dalam karnaval ini seluruh siswa kelas 7, 8, dan 9 menampilkan beragam tema tentang kebudayaan maupun tradisi yang ada di Kota Yogyakarta dengan menampilkan kostum Jathilan, Bregodo, Tarian, Lurik dan sebagainya.

"Hari ini kita keluarga besar SMP 6 Yogyakarta memeriahkan HUT Kota Yogyakarta ke 267 yang diawali di pagi hari dengan karnaval bertema budaya Yogyakarta. Antusias dari seluruh warga SMPN 6 Yogyakarta ini terlihat sangat kompak sekali terlihat berbagai kostum dan maskot barisan yang disiapkan oleh masing-masing siswa kelas 7,8, maupun 9," jelas Dwi Isnawati.

Menariknya lagi dalam kegiatan karnaval ini terdapat sajian Ansambel Musik dengan memanfaatkan barang-barang bekas berupa ember, kaleng cat, toples kaleng, galon air mineral, jerigen dan sebagainya yang sudah dihias.

Alat musik ini kemudian dimainkan secara serentak oleh seluruh siswa sambil menyanyikan lagu berjudul “Mangayubagya Kota Jogja” yang diciptakan oleh salah satu guru Seni Budaya SMPN 6 Yogyakarta, Rahmat Edhy Purnomo.

Selain itu, para siswa turut menampilkan kreativitasnya dalam karnaval mulai kain batik, baju tradisional lurik, gunungan hingga seni wayang serta mensosialisasi Jogja kota pelajar. Sejumlah siswa juga mengusung nilai-nilai sejarah dan kepahlawanan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
02:37
01:03
01:46
07:04
05:04
Viral