Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas saat memberikan sambutan dalam forum Mudzakarah Perhajian Indonesia 2023 di Sportorium UMY, Senin ( 23/10/2023)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Santosa Suparman

Tingkatkan Pelayanan Haji, Menteri Agama RI Tegaskan Pentingnya Istitha'ah Kesehatan

Selasa, 24 Oktober 2023 - 10:24 WIB

Bantul, YogyakartatvOnews.com - Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas menekankan pentingnya istitha’ah kesehatan sebelum melakukan pelunasan pembayaran haji.

Hal ini disampaikan Menteri Agama dalam acara Mudzakarah Perhajian Indonesia 2023 di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang dimulai tanggal 23 sampai dengan 25 Oktober esok. 

Mudzakarah Perhajian Indonesia 2023 yang menjadi forum untuk melakukan pertemuan yang membahas terkait berbagai persoalan dalam melakukan pelayanan haji ini mengambil tema ‘Penguatan Istitha’ah Kesehatan Jemaah Haji’. 

Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan pentingnya bagi pemerintah melalui Kementerian Agama dalam mempersiapkan pelayanan ibadah haji yang optimal termasuk dalam penjaminan kesehatan.   

Menurutnya, penjaminan kesehatan para jemaah haji menjadi tantangan berat yang harus segera diselesaikan.

“Ini tantangan yang wajib kita cari jalan keluarnya bersama-sama. Karena sebenarnya, pelaksanaan pelayanan ibadah haji bukan hanya kewajiban dari Kementerian Agama, namun juga instansi pemerintah lainnya seperti Kementerian Kesehatan,” ujar Yaqut.

Yaqut Cholil mengatakan bahwa tidak ingin kejadian pada musim haji kemarin terjadi lagi, di mana terdapat banyak jemaah yang sakit sepanjang proses haji terulang kembali.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:33
02:33
01:15
01:45
08:58
01:43
Viral