Kera ekor panjang yang memasuki pemukiman warga di Gunungkidul (dokumentasi)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Lucas Didit

Kawanan Kera di Pemukiman Makin Meresahkan, Pemkab Gunungkidul Gandeng Kehutanan UGM untuk Penanganan

Jumat, 27 Oktober 2023 - 16:13 WIB

Gunungkidul, tvOnenews.com - Terkait dengan ancaman kawanan kera ekor panjang yang masuk di pemukiman warga di Gunungkidul, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat akan menggandeng Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. dalam penanganan konflik tahunan ini. 

Selain merusak lahan pertanian dan merusak tanaman yang ada di pekarangan rumah warga, masuknya kawanan kera ke pemukiman kini bahkan juga menjarah hasil ternak warga, seperti telur ayam yang masih dierami di dalam kandang. 

Kepala DLH Gunungkidul, Harry Sukmono mengungkapkan, digandengnya Fakultas Kehutanan UGM guna melakukan kajian karakteristik kera ekor panjang serta memetakan hasil kajian dalam melakukan penanganan terukur dan lebih terarah. 

"Memang selama ini kami bingung menangani kawanan kera ini. Makanya kami (DLH) bersama UGM melakukan kajian terkait koloni, perilaku, kebiasaan, pola hidup, perkembangbiakan, hingga makanannya," kata Harry, Jumat (27/10/2023).  

Di awal tahun 2022, lanjut Harry, pihaknya sudah memetakan pola gangguan kera ekor panjang di hampir semua wilayah di Gunungkidul. 

"Kami harapkan kajian sudah selesai di akhir tahun ini, dan berlanjut sebagai pedoman penanganan berikutnya. Kalau dari data sekunder yang kami kumpulkan dari Lurah dan Panewu, semua wilayah di Gunungkidul ada catatan pernah diganggu kera," lanjutnya.

Selain itu, melalui dana keistimewaan (Danais) saat ini sedang diupayakan menjaga ekosistem satwa lokal asli Gunungkidul, termasuk di kera ekor panjang.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:27
01:09
02:00
01:14
02:34
06:16
Viral