Petugas gabungan lakukan melakukan pemangkasan pohon..
Sumber :
  • Tim tvOne - Lucas Didit

Musim Penghujan Diprediksi Minggu lll November, BPBD Gunungkidul Siapkan Peta Resiko Bencana

Rabu, 8 November 2023 - 10:46 WIB

Gunungkidul, tvOnenews.com - Musim penghujan diprediksi akan masuk pada minggu ketiga November 2023. BPBD Gunungkidul, Yogyakarta, mulai mempersiapkan berbagai langkah dalam upaya antisipasi bencana, dengan menggelar koordinasi lintas sektoral.

"Jadi rakor ini merupakan langkah awal mempersiapkan diri terkait adanya potensi cuaca ekstrem, sehingga dampak yang ditimbulkan dapat ditekan sekecil mungkin," kata Sub Koordinator Kelompok Subtansi Pencegahan Bencana, Bidang Pencegahan Kesiapsiagaan Rehabilitasi dan Rekonstruksi, BPBD Gunungkidul, Agus Wibawa Arifianto, Rabu (8/11/2023).

“Kesiapsiagaan tersebut akan dilanjutkan dengan sejumlah antisipasi lainnya,” imbuhnya. 

Personel, menurut Agus, juga sudah dipersiapkan, termasuk bantuan personel dari puluhan kelompok relawan. Selain itu, dukungan peralatan juga turut dipersiapkan, sehingga sewaktu-waktu terjadi bencana alam langsung bisa dikerahkan ke lokasi. 

"Tentunya peran aktif masyarakat juga sangat sekali kita butuhkan," ujarnya. 

Terkait dengan peta kerawanan bencana di Gunungkidul. Sejumlah potensi bencana di musim penghujan seperti tanah longsor, bisa terjadi di zona utara, seperti di Kapanewon Patuk, Nglipar, Gedangsari, Ngawen, Ponjong, hingga Kapanewon Semin.

Selain potensi tanah longsor, potensi bencana lain seperti angin kencang penyebarannya merata di seluruh wilayah Gunungkidul. Sedangkan resiko banjir berpotensi terjadi di Kapanewon Girisubo dan sepanjang aliran Kali Oya yang membentang dari Kapanewon Semin, Ngawen, Nglipar, Patuk dan Kapanewon Playen.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral