Apel kesiapan PMI Kulon Progo menghadapi musim penghujan..
Sumber :
  • Tim tvOne - Sri Cahyani Putri

PMI Kulon Progo Gelar Apel Siagakan Personil Jelang Musim Penghujan

Senin, 20 November 2023 - 16:58 WIB

Kulon Progo, tvOnenews.com - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyiagakan personelnya untuk menghadapi musim penghujan.

Terlebih, wilayah paling barat DIY dialiri tiga sungai yang dapat memicu terjadinya banjir.

Staf Bidang Penanggulangan Bencana, PMI Kabupaten Kulon Progo, Wisnu Rangga mengatakan, bentuk kesiapsiagaan diawali dengan apel kesiapan relawan PMI yang tergabung dalam Korps Sukarela (KSR).

Apel yang berlangsung pada Minggu (19/11/2023) dipimpin langsung oleh Ikhsan Nugraha selaku Komandan KSR. Serta dihadiri staf bidang penanggulangan bencana.

Apel dilaksanakan di Halaman Posko PMI Kabupaten Kulon Progo diisi dengan arahan pengecekan seluruh peralatan mulai dari sekop, cangkul, tali tambang, lampu senter pompa, genset listrik, selang, mobil ambulans, kotak P3K, sarana komunikasi, alat pelindung diri (APD) dan posko.

Disampaikan, Kabupaten Kulon Progo yang memiliki 3 sungai besar yaitu Sungai Progo, Sungai Serang dan Sungai Bogowonto menjadi ancaman besar bagi daerah ini. Bencana banjir bisa mengintai kapan saja. Ditambah adanya perbukitan menoreh di Kulon Progo juga rawan terjadi tanah longsor.

"Kita memahami dengan potensi ancaman yang terjadi. Sehingga kita menerapkan kesiapan menanggulangi bencana yang dimungkinkan terjadi," kata Rangga, Senin (20/11/2023).

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
11:11
09:23
08:52
01:36
04:20
04:02
Viral