Sektor wisata khususnya pantai di pesisir selatan Gunungkidul yang selama ini menjadi andalan Pendapatan Asli Daerah (PAD)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Lucas Didit

Pemkab Gunungkidul Pastikan Tidak Ada Pelaku Wisata yang "Nuthuk" Tarif saat Libur Nataru

Selasa, 12 Desember 2023 - 12:48 WIB

Gunungkidul, tvOnenews.com - Menghadapi Libur Natal dan Tahun Baru (nataru), sejumlah persiapan dilakukan Pemkab Gunungkidul, salah satunya dengan pengawasan retribusi di sektor pariwisata.

Bahkan Satgas Pungli dilibatkan guna memastikan tak adanya pelaku wisata yang "nuthuk" (memukul) harga selama libur akhir tahun mendatang.

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Oneng Windu Wardhana, mengatakan, tempat pemungutan retribusi (TPR) akan menjadi prioritas pengetatan pengawasan. 

"Di Satgas Pungli itu ada unsur Inspektorat dan Polres Gunungkidul. Jadi jika terjadi penyelewengan retribusi pariwisata akan ditindak," kata Windu, Selasa (12/12/2023).

“Yang pasti harga retribusi masuk wisata selama libur nataru tetap sama seperti sebelumnya dan tidak ada kenaikan,” imbuhnya.

Windu juga menegaskan, selain retribusi masuk objek wisata, tarif parkir juga akan diawasi ketat. Bahkan Dinas Perhubungan dilibatkan dalam pengawasan ini. 

“Untuk parkir juga kita lakukan pengawasan, tidak boleh ada yang "nuthuk" tarif. Kita sudah koordinasi dengan Dinas Perhubungan agar dilakukan pengawasan parkir di obyek wisata, sehingga tidak ada juru parkir nakal di sana” tegasnya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:38
01:55
02:13
05:10
03:07
02:26
Viral