Sampah menumpuk di salah satu depo di Kota Yogyakarta, Rabu (6/3/2024)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Sri Cahyani Putri

Soal Penutupan Permanen TPA Piyungan, Begini Reaksi Masyarakat Yogyakarta

Kamis, 7 Maret 2024 - 09:06 WIB

Yogyakarta, tvOnenews.com - Penutupan permanen Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Piyungan di Kabupaten Bantul oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menuai respon dari berbagai elemen baik masyarakat maupun pelaku wisata di daerah ini. 

Respon dari warga satu di antaranya disampaikan oleh Dyah Ayu. Warga Depok, Kabupaten Sleman itu mengatakan, penutupan TPA Piyungan akan menimbulkan banyak masalah. Ia khawatir, sampah akan menumpuk jika TPA Piyungan ditutup permanen. 

Kemudian sampah yang tidak terkelola bisa mencemari lingkungan seperti sungai bahkan laut. Dampaknya, bisa menimbulkan banyak penyakit. 

Untuk pengolahan sampah di rumah, perempuan usia 30 tahun tersebut harus berlangganan dengan membayar Rp 50.000 per bulan. Menurutnya, hal itu cukup memberatkan bagi dirinya sebagai ibu rumah tangga. 

"Ya lumayan (keberatan) sih untuk perihal sampah," katanya, Rabu (6/3/2024). 

Persoalan sampah juga dikeluhkan oleh Risma Tri (25). Warga Kota Yogyakarta itu mengaku kesulitan ketika membuang sampah. Sementara untuk pembuangan sampah rumah tangga harus berlangganan. Sehingga sehari-hari, ia terpaksa membakarnya. 

Sementara itu, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY, Deddy Pranowo Eryono menyebut, pengelolaan sampah di hotel sudah dilakukan secara mandiri.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:36
01:13
10:09
07:45
09:41
04:03
Viral