Tumpukan sampah tampak belum terkelola di tempat pembuangan sampah Lempuyangan belum lama ini..
Sumber :
  • Tim tvOne - Sri Cahyani Putri

Jelang Penutupan TPA Piyungan, Kota Yogyakarta Masih Diberi Kuota 135 Ton Sampah Per Hari

Jumat, 8 Maret 2024 - 20:59 WIB

Yogyakarta, tvOnenews.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta terus memperkuat beberapa Tempat Pengolahan Sampah Reduce Reuse Recyle (TPS3R) jelang desentralisasi sampah di wilayah Yogyakarta, Sleman dan Bantul atau disingkat Kartamantul. 

Hal ini seiring penutupan permanen Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Piyungan di Kabupaten Bantul pada April 2024 mendatang. 

Penjabat (Pj) Walikota Yogyakarta, Singgih Raharjo menyampaikan, pencanangan penutupan TPA Piyungan telah dilakukan bersamaan dengan memperingati Hari Peduli Sampah Nasional pada 5 Maret lalu. 

Namun secara resmi, TPA Piyungan akan ditutup permanen pada April mendatang. Sampai hari ini, Pemkot Yogyakarta masih diberikan kuota 135 ton sampah per hari di TPA Piyungan.

Pihaknya juga sudah merencanakan dan memperkuat empat TPS3R bila nantinya TPA Piyungan ditutup permanen. Tiga di antaranya TPS3R Nitikan, Karangmiri dan Kranon. 

Dikatakan Singgih, kapasitas pengolahan sampah di TPS3R Nitikan ditambah menjadi 30-40 ton per hari. Sekaligus menata ulang tempat yang ada disana. 

"Karena di TPS3R Nitikan dulunya tambal sulam. Sekarang, atapnya dijadikan satu sehingga lebih luas," kata Singgih kepada awak media, Jumat (8/3/2024).

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:13
02:28
02:37
04:23
07:11
01:01
Viral