Petugas vaksinasi menjemput lansia untuk dibawa ke Sentra vaksinasi Covid-19, Jumat (21/1/2022).
Sumber :
  • Tim tvOne - Santosa Suparman

Menteri Kesehatan Apresiasi Model Vaksin Jimpitan Plus Untuk Lansia di Bantul

Jumat, 21 Januari 2022 - 18:00 WIB

Bantul, DIY -Kegiatan vaksin jimpitan plus yang digelar oleh Pemerintah Desa Sumbermulyo bekerjsa sama dengan relawan yang ada di Bantul mendapatkan apresiasi dan pujian dari menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Vaksin jimpitan plus adalah vaksin terhadap para lansia yang memiliki komorbid. Para lansia ini dijemput dengan menggunakan ambulan ke rumahnya masing-masing dan dibawa ke sentra penyuntikan vaksin di halaman gedung SD Muhammadiyah Jogodayoh Sumbermulyo Bambanglipuro Bantul.

" Kami dibantu oleh para relawan yang menyediakan ambulan dan kursi roda untuk menjemput para lansia di rumahnya untuk disuntik vaksin. Hari ini ada 17 ambulan dari berbagai lembaga dan relawan," ungkap Anik Widayani, Lurah Desa Sumbermulyo, usai mendampingi Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meninjau vakinasi jimpitan plus Jumat (21/1/2022). 

"Kami hanya mentargetkan 15 ambulan ternyata antusias para relawan tinggi sehingga ambulan yang menjemput para lansia untuk divaksin ada 17. Inilah kebersamaan kita dalam menangani pandemi covid 19," lanjutnya.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan strategi ini efektif dalam menjaring penerima vaksin Covid-19. Terlebih sasaran utama dari gerakan vaksinasi jimpitan plus ini adalah para lanjut usia (lansia) dengan komorbid maupun non komorbid.

" Kearifan lokal menjadi kekuatan tersendiri. Pelaksanaan vaksinasi di masyarakat tak sepenuhnya menjadi tanggungjawab pemerintah. Terbukti pelaksanaan di beberapa provinsi diinisiasi oleh kelompok masyarakat dan relawan," kata Budi Gunadi Sadikin, ditemui ketika meninjau Vaksin Jimpitan Plus di SD Muhammadiyah Jogodayoh, Sumbermulyo, Kapanewon Bambanglipuro, Bantul.

"Vaksin di Indonesia itu sudah mencapai 300 juta. Nomor 4 di dunia. Ini karena peran masyarakat yang cukup tinggi. Kegiatan vaksinasi yang dilakukan oleh masyarakat sendiri ini jadi gerakan bukan program pemerintah,” ungkap Menteri Kesehatan.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral