Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo menjelaskan langkah antisipasi Dinpar DIY dalam mencegah infeksi penularan Covid-19 di tempat wisata..
Sumber :
  • tim tvone - ari wibowo

Kasus Positif Covid-19 Terus Meningkat, Dinas Pariwisata DIY Perketat Protokol Kesehatan di Objek Wisata

Minggu, 6 Februari 2022 - 15:47 WIB

Kulon Progo, DIY - Terus meningkatnya kasus Covid-19 di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta serta masuknya varian Omicron, menjadi hal yang memacu Dinas Pariwisata DIY untuk terus menerapkan protokol kesehatan ketat di objek wisata.

Kepala Dinas Pariwisata (Dinpar) DIY, Singgih Raharjo mengatakan, sampai saat ini, belum ada wacana untuk menutup objek wisata di wilayah DIY, meskipun sudah ditemukan kasus positif Covid-19 probable Omicron di wilayah ini.

"Sampai hari ini, belum ada (penutupan objek wisata). Jadi, kita masih terus melakukan pembukaan objek wisata dan menerima kunjungan wisatawan," kata Singgih pada Minggu (6/2/2022).

Singgih mengatakan, sektor pariwisata di DIY terus waspada seiring dengan masuknya varian Omicron di Indonesia. Terlebih, sudah ditemukannya kasus positif Covid-19 probable varian Omicron di wilayah DIY. 

DIY sudah memiliki pengalaman selama dua tahun terkait penanganan pandemi Covid-19. Pengalaman itu harus ditingkatkan dari sisi mitigasi. Pertama, tentu protokol pencegahan penularan Covid-19 harus senantiasa menjadi pedoman oleh pengelola wisata di wilayah DIY.

"Protokol pencegahan penularan Covid-19 tidak boleh dikurangi ya. Kemudian, Aplikasi Peduli Lindungi juga harus diterapkan secara maksimal. Screening wisatawan juga harus benar-benar diaplikasikan," sambung Singgih.

DIY menjadi salah satu tujuan pariwisata utama di Indonesia. Hal tersebut terbukti melalui catatan Dinpar DIY. Bulan Januari dan Februari biasanya sepi akan kunjungan wisatawan namun kondisi saat ini justru menunjukkan sebuah anomali.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:33
04:25
01:59
07:35
01:16
01:25
Viral