Dampak Angin Kencang di Jogja, Rumah Ambruk Hingga Atap Beterbangan.
Sumber :
  • Tim tvOne/Nuryanto

Dampak Angin Kencang di Jogja, Rumah Ambruk Hingga Atap Beterbangan

Kamis, 5 Mei 2022 - 20:30 WIB

Umbulharjo, DIY - Belasan atap kediaman warga beterbangan dampak hujan disertai angin kencang pada Kamis (5/5/2022) sore. Bahkan, sebuah rumah dilaporkan ambruk di wilayah Umbulharjo.

Kepala BPBD Kota Jogja, Nur Hidayat menjelaskan, insiden rumah ambruk tersebut terjadi sekitar pukul 15.00 Wib tepatnya di area Miliran, Umbulharjo. Rumah semi permanen milik warga bernama Surat tersebut roboh diamuk angin. 

"Bangunan rumah terbuat dari triplek dan material GRC (Glass Reinforced Concrete). Yang roboh adalah ruangan dapur, kamar tidur dan kamar mandi. Korban jiwa nihil," ujarnya. 

Pihaknya telah melakukan penutupan dan pembersihan terhadap material bangunan. Lokasi rumah ambruk juga telah dipasang dengan terpal penutup agar tidak menganggu aktivitas warga di tempat itu. 

Nur menambahkan, selain insiden rumah ambruk sejumlah atap rumah warga juga beterbangan akibat angin kencang sore ini. Sampai dengan pukul 18.00 Wib tercatat ada sebanyak puluhan rumah yang terdampak. 

"Semuanya di wilayah Umbulharjo yakni Miliran dan juga Semaki dan satu di antaranya merupakan atap rumah ibadah yang berada di Jalan Kenari" ungkap dia. 

Di Miliran Gang Tanjung sebanyak 15 rumah dengan 15 kepala keluarga terdampak. Kerusakan terdiri dari atap rumah yang terbuat dari genteng rusak dan terbang dihantam angin. 

"Untuk sementara sudah dipasang petugas dengan terpal. Karena ada empat rumah yang kondisinya mengharuskan untuk dipasang terpal," kata dia. 

Selain itu juga terdapat pohon tumbang. Sejumlah petugas gabungan sampai saat ini masih melakukan evakuasi dan pembersihan terhadap material bangunan dan juga dahan pohon. (nur/mii)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
25:54
04:20
00:52
02:08
02:13
01:10
Viral