Menhub Budi Karya Sumadi saat di UGM. (dok UGM)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Andri Prasetyo

Menhub Sebut Rusaknya Aspal Bandara Juanda Sudah Terdeteksi Dua Pekan Lalu

Senin, 23 Mei 2022 - 21:21 WIB

Sleman, DIY - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengakui, amblasnya aspal di Bandara Juanda, Sidoarjo sudah teridentifikasi sejak dua pekan lalu. Saat ini pihaknya tengah melakukan perbaikan di landasan pacu bandara tersebut.

"Sebenarnya Bandara Juanda sudah kita identifikasi dua minggu yang lalu. Akan dilakukan perbaikan dan ini sedang kami lakukan," kata Menhub Budi Karya Sumadi di UGM Yogyakarta, Senin (23)/5/2022).

Budi menyebut, kerusakan yang terjadi di Juanda bukan karena aspal di permukaan. Akan tetapi ada pergerakan tanah di bawah landasan pacu.

"Jadi saya pikir secara kebetulan saja belum diperbaiki. Itu terjadi (amblas) dan yang rusak itu bukan di permukaan, jadi tanahnya di bawah itu (ada) satu pergerakan," terang Budi.

Sebelumnya, aspal di landasan pacu Bandara Juanda Sidoarjo mengalami kerusakan dan amblas. Akibatnya, pesawat Batik Air tujuan Bandara Soekarno-Hatta gagal terbang.

Humas Lion Group Danang Mandala Prihantono dalam keterangan resminya mengatakan, pesawat Batik Air ID-6109 gagal terbang karena aspal yang dilewati mengalami rusak, penurunan atau amblas.

"Di saat pesawat bergerak pelan memasuki landas pacu (runway), pilot merasakan pergerakan pada roda pesawat tidak sesuai dengan yang semestinya (pesawat terhenti atau stuck), sehingga perlu dilakukan pengecekan," kata Danang, Minggu (22/5/2022).

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
07:59
02:28
01:48
06:43
06:09
Viral