Tangis haru Utami dan Andri yang rumahnya diperbaiki personel TNI di Yogyakarta, Rabu (8/6/2022).
Sumber :
  • Tim tvOne - Nuryanto

Keluarga di Yogyakarta Ini Menangis Haru, Rumah Tak Layak Huni Miliknya Direhab TNI

Rabu, 8 Juni 2022 - 20:19 WIB

Yogyakarta, DIY – Kodim 0734/Kota Yogyakarta menggelar kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap I TA 2022, di Kelurahan Prenggan, Kemantren Kotagede, Kota Yogyakarta.

"Program TMMD Sengkuyung Tahap I TA. 2022 terbagi dalam kegiatan fisik dan non fisik. Kegiatan fisik TMMD seperti pembangunan Talud Permukiman, Rehab Balai RW, Rehab MCK dan RTLH sebanyak 10 unit sedangkan kegiatan non fisik berupa penyuluhan bela Negara, kamtibmas, stunting dan terorisme." jelas Komandan Kodim 0734/Kota Yogyakarta, Letkol Inf Arif Harianto, Rabu (8/6/2022).

Andri, salah satu warga yang menghuni Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) mengungkapkan rasa bahagianya setelah rumahnya direhabilitasi dalam program TMMD tersebut. 

"Jangankan untuk perbaiki rumah, untuk membiayai hidup istri dan anaknya sehari- hari saja, dengan gaji yang diterima masih jauh dari kata cukup." ungkap Andri, yang kesehariannya merupakan penjaga malam di salah satu toko batik di Kotagede, Yogyakarta. 

Senada dengan suaminya, Utami (50) istri Andri pun tak kuasa menahan tangis harunya. Ia menjelaskan kondisi rumah yang selama ini ditinggalkan bersama keluarga dan menjadi tempat berteduh.
 
“Terimakasih Bapak Dandim, rumah saya kalau pas hujan, air masuk semua ke rumah karena atapnya sudah pada bocor. Kalau sudah begitu lantai jadi basah semua, sehingga kami harus berjaga takut banjir. Itu sudah terjadi dan saya alami bertahun-tahun,” kata Utami terbata-bata.

Letkol Inf Arif Harianto menambahkan, TMMD adalah suatu program terpadu antara TNI dan Pemerintah Daerah yang bertujuan untuk mempercepat pelaksanaan pembangunan daerah dengan harapan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Selain sasaran pokoknya yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah.

“TMMD bertujuan mempererat kemanunggalan TNI dan rakyat, program TMMD dapat terlaksana dengan baik apabila didukung adanya kerjasama dan gotong royong dari semua unsur yang terlibat, seperti TNI, Polri, Pemda maupun masyarakat. Keharmonisan  kebersamaan dan kemanunggalan,” ungkap Letkol Inf Arif Harianto, saat meninjau langsung RTLH yang telah direhab oleh personelnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral