Sapi yang terkena PMK diberi minum jamu tradisional.
Sumber :
  • Tim tvOne - Santosa Suparman

Jamu Tradisional Warisan Nenek Moyang Mampu Sembuhkan Sapi yang Menderita PMK

Rabu, 15 Juni 2022 - 09:59 WIB

Bantul, DIY - Penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak sapi dan kambing sangat meresahkan petani peternak di seluruh Indonesia. Banyak hewan ternak sapi yang mati karena penyakit PMK ini.

Kini PMK ini sudah menjadi pandemi karena kasus sapi yang terkena PMK terus meningkat tajam meskipun pasar - pasar sapi ditutup untuk mencegah penyebaran PMK ini.

Ada kabar gembira dari Bantul Yogyakarta untuk penanganan sapi yang terkena PMK. Sebagian petani peternak di Pleret Bantul Yogyakarta berhasil menyembuhkan sapi - sapinya yang terkena PMK hanya dengan ramuan jamu tradisional hasil racikan nenek moyang mereka atau warisan nenek moyang. Sapi - sapi yang terkena PMK diberi jamu tradisional pagi dan sore dalam 4 hari, hingga berhasil sembuh.

Suhardiono petani peternak asal Segoroyoso Pleret Bantul Yogyakarta mengatakan, jamu tradisional ini merupakan warisan nenek moyang mereka. Cara membuat jamu tradisional untuk sapi ini juga sangat mudah dan bahannya juga mduah didapat. Yakni kunir, jahe, temu ireng. Tiga bahan ini dihaluskan atau diblender kemudian ditambah air dan dimasak hingga mendidih. 

" Jahe, kunir dan temuireng atau bisa juga ditambah pace dihaluskan atau diblender dan ditambah air direbus hingga mendidih. Nanti kalau sudah dingin baru diminumkan ke sapi dua kali sehari. Yakni pagi dan sore hingga sapi sembuh dan nafsu makannya normal," ungkap Suhardiono saat ditemui di kandang sapi Untoro Segoroyo Pleret Bantul, Selasa ( 15/6/2022).

Suhardiono mengaku ramuan ini merupakan warisan nenek moyang. Dirinya hanya meniru para orang tua dahulu ketika sapinya kena penyakit dan tidak nafsu makan.

" Ini saya meniru simbah - simbah saya. Dulu bapak dan simbah saya kalo sapinya sakit kurang nafsu makan atau sariawan maka diberi jamu tradisional seperti ini yang terbuat dari rempah - rempah. Selain itu, lidah sapi diolesi sambal agar lidahnya tidak kaku," ujarnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:22
02:07
02:34
04:41
02:33
02:15
Viral