Suasana Persawahan Dongbangsan yang dihiasi ratusan bendera merah putih..
Sumber :
  • Tim tvOne - Ari Wibowo

Sambut HUT RI ke 77, Ratusan Bendera merah Putih Hiasi Persawahan di Kulon Progo

Minggu, 7 Agustus 2022 - 09:05 WIB

Kulon Progo, DIY - Menyambut Hari Kemerdekaan RI ke 77, area persawahan di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjadi wisata dadakan. Warga beramai ramai lokasi tersebut sebagai tempat berfoto dengan latar belakang sawah yang telah dihiasi ratusan bendera merah putih

Sawah ini berlokasi di Dusun Dobangsan, Kalurahan Giripeni, Kecamatan Wates, Kulon Progo. Sejak awal Agustus 2022 kawasan tersebut dipercantik dengan ratusan bendera merah putih dan umbul-umbul untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan RI ke 77. 

"Untuk memperingati Hari Kemerdekaan RI warga sangat antusias terkait pemasangan bendera sejumlah 500 bendera. Bendera ini dipasang membentang di jalan perasawahan sejauh 500 meter dari barat ke timur dan 1,2 km dari selatan ke utara, "ujar Dukuh Dongbangsan Teguh Supriyono,  Sabtu (6/8/2022). 

Teguh menuturkan pemasangan bendera dalam rangka HUT kemerdekaan ini diinisai oleh sejumlah pihak, mulai dari tokoh masyarakat, pemuda hingga karangtaruna Dobangsan.

Adapun pemasangan untuk peringatan hari kemerdekaan rutin dilakukan warga sejak 4 tahun belakangan. Sumber dana untuk pengadaan bendera dan bambu juga berasal dari swadaya warga sekitar lokasi. 

"Ada dari iuran warga sama RT juga, termasuk juga sumbangan warga kami yang sedang merantau. Kalau buat bendera total dana yang terkumpul sekitar Rp10 juta, sedangkan untuk bambu kami dapat secara cuma-cuma dari warga yang punya pohon bambu," jelasnya. 

Ia menjelaskan pemasangan bendera ini dilakukan sejak 31 Juli 2022 lalu. Proses pemasangan melibatkan seluruh warga dan memakan waktu hingga 4 hari.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:09
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
Viral