Pengibaran Bendera di Tengah Laut sebelum Pandemi Covid-19..
Sumber :
  • Tim tvOne - Lucas Didit

Jangan Lupa! Ada Pengibaran Bendera di Tengah Laut pada 17 Agustus Mendatang

Jumat, 12 Agustus 2022 - 14:31 WIB

Gunungkidul, DIY - Setelah 2 tahun vakum karena pandemi Covid-19, upacara peringatan detik-detik proklamasi di laut kembali digelar SAR Satlinmas Wilayah 2 Yogyakarta di Pantai Baron, Gunungkidul. 

Menurut Koordinator SAR Satlinmas Wilayah 2, Marjono, kegiatan upacara di laut tersebut merupakan agenda tahunan untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.
"Hanya saja pada 2 tahun masa pandemi Covid-19 lalu, upacara di laut tidak dilaksanakan. Baru tahun ini kami bisa gelar, dan tanggal 17 besok upacara akan dilaksanakan pukul 10.00 WIB," kata Marjono, Jumat (12/8/2022).

Sebelum dilakukan pengibaran bendera di tengah laut, lanjut Marjono, seluruh peserta akan mengikuti upacara tepat di bibir pantai, berikut pasukan pengibar bendera.

"Usai upacara, petugas pengibar bendera yang terdiri dari seorang pembawa bendera dan dua orang pengibar bendera akan berenang ke tengah laut. Di belakangnya akan menyusul 17 perenang dan 45 perenang, yang terdiri dari anggota SAR dan relawan," terangnya.

Marjono menambahkan, bagi wisatawan atau peserta upacara yang ingin mengikuti pengibaran di laut wajib membawa dan mengenakan pelampung.

"Untuk keamanan di laut, kita sudah sediakan kurang lebih 40 perahu jukung milik nelayan demi kelancaran jalannya prosesi pengibaran bendera di laut. Jadi, bagi yang tidak kuat berenang akan langsung naik perahu," ujarnya.

Diharapkan, saat pelaksanaan nanti gelombang dalam kondisi landai sehingga acara berjalan lancar. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral