Bendera merah putih berkibat disegala penjuru Kota Yogyakarta, Selasa (16/8/2022).
Sumber :
  • Tim tvOne - Nuryanto

Semarak 17 Agustus, Ribuan Atribut Bernuansa Merah Putih Hiasi Kota Yogyakarta

Selasa, 16 Agustus 2022 - 22:02 WIB

Yogyakarta, DIY - Menyambut perayaan HUT Kemerdekaan RI ke 77, nuansanya sangat terasa di Kota Yogyakarta. Beragam atribut bernuansa merah putih tampak menghiasi seluruh penjuru kota seluas 32,5 kilometer persegi itu.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Yogyakarta, Budi Santosa, mengatakan, pemasangan atribut, tidak hanya di kantor atau gedung pemerintahan semata, tapi juga di lingkungan warga masyarakat.

"Sekarang total 800 ribu bendera merah putih itu sudah terpasang di penjuru Kota Yogyakarta. Sejak awal memang kami gerakkan masyarakat, untuk memasangnya secara mandiri di lingkungan," kata Budi Santosa, Selasa (16/8/22).

Menurutnya, sosialisasi masif dilaksanakan Pemkot Yogyakarta, lewat para pemangku kepentingan di tingkat kelurahan. Lantas, anjuran untuk memasang atribut jelang 17 Agustus ini, digetoktularkan hingga perkampungan penduduk.

"Antusiasme warga luar biasa. Kemudian di minggu kedua Agustus, atau 12 Agustus kemarin kami hitung, ternyata sudah 800 ribu itu, yang terpasang," tandas Budi.

"Kemungkinan jumlahnya juga terus bertambah, karena banyak yang kerja bakti dan pemasangannya, di kampung-kampung, baru Sabtu dan Minggu kemarin," lanjutnya.

Ia tidak memungkiri, kondisi pandemi yang menyelimuti perayaan hari kemerdekaan dalam kurun waktu dua tahun terakhir, membuat masyarakat rindu. Otomatis, hegemoni 17an seakan tak bisa tertahankan lagi di tahun ini.

"Sekarang kalau kita lihat, di kampung-kampung, warga serempak memasang atribut merah putih. Entah bendera, umbul-umbul, dan lain-lain. Jadi, antusiasmenya benar-benar terasa sekali, luar biasa," pungkasnya. (Nur/Buz)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:09
02:26
00:58
02:21
03:21
01:03
Viral