Kemeriahan perayaan HUT RI ke 77 dengan berbagai kegiatan lomba di Yogyakarta, Rabu ( 17/8/2022).
Sumber :
  • Tim tvOne - Nuryanto

Kemeriahan HUT RI ke 77, dari Malioboro Hingga Kampung- Kampung di Yogyakarta

Rabu, 17 Agustus 2022 - 16:56 WIB

Yogyakarta, DIY - Beragam kegiatan kemeriahan digelar masyarakat di Yogyakarta dalam memperingati HUT RI ke 77. Mulai dari warga kampung hingga pelaku usaha wisata di Kawasan Malioboro.

Di kawasan Malioboro misalnya, warga dan para pelaku wisata dan usaha menggelar upacara bendera mengenakan seragam sekolah dari SD, SMP hingga SMA, mengambil tema Yogyakarta sebagai Kota Pelajar. 

Beberapa lomba khas 17 Agustus yang digelar diantaranya lomba makan krupuk, menggigit koin. Lomba ini lumayan menarik para wisatawan. Selain itu digelar juga kegiatan batik asik bagi wisatawan yang ingin belajar membatik.

"Kita mulai dengan upacara, mendoakan para pahlawan bangsa dan kemudian menggelar lomba lomba unik, para peserta yang merupakan karyawan toko batik mengenakan seragam sebagai upaya mengenalkan kembali citra positif Jogja kota pelajar" ungkap Remata Yeni, penggiat budaya di Malioboro.

Selain di kawasan jantung kota, warga di pelosok kampung menggelar berbagai kegiatan unik. Seperti di Kampung Trimurti, Srandakan Bantul, juga menggelar kegiatan budaya sekaligus olahraga yang diikuti warga dari berbagai latar belakang baik pendatang maupun warga asli.

Sebelumnya juga digelar kegiatan tirakatan malam 17an hingga lomba-lomba memeriahkan HUT RI.

"Kita memperingati HUT RI ke 77 dengan kegiatan budaya, olahraga maupunlomba-lomba 17 Agustusan. Tujuannya untuk merekatkan kembali kerukunan sesama warga kampung, dan semangat untuk pulih dan bangkit kembali setelah 2 tahun lebih dilanda pandemi," pungkas Mujiran, salah satu sesepuh kampung. (Nur/Buz)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:52
02:08
02:13
01:10
01:07
03:09
Viral