14 acara siap digelar dalam rangkaian HUT ke-266 Kota Joga selama 9 hari, Rabu (28/9/2022).
Sumber :
  • Tvonenews.com/Nuryanto

Rangkaian HUT ke-266 Kota Jogja Digelar 9 Hari Penuh, 14 Event Spektakuler Siap Menyemarakkan

Rabu, 28 September 2022 - 07:50 WIB

Yogyakarta, DIY - Kota Jogja akan merayakan hari ulang tahun atau HUT ke-266 pada 7 Oktober 2022 mendatang. Selama sembilan hari berturut-turut sejak 1 Oktober sampai 9 Oktober mendatang, sebanyak 14 acara digelar untuk menyemarakkan. Adapun acara puncak akan diselenggarakan di 7 Oktober dengan gelaran Wayang Jogja Night Carnival (WJNC).

Sekretaris Daerah Kota Jogja, Aman Yuriadijaya mengatakan, HUT ke-266 Kota Jogja mengangkat tema sulih, pulih, luwih. Secara umum tema ini bermakna keadaan untuk beradaptasi dari kondisi lama saat Covid-19 ke masa normal baru untuk berkembang lebih cepat. Masa transisi ini dianggap Aman merupakan momentum yang tepat untuk bangkit.

"Tema ini adalah momentum untuk menunjukkan tekad bersama dalam menyongsong keadaan yang lebih baik setelah pandemi Covid-19," katanya, Rabu (28/9/2022).

Aman menjelaskan, acara peringatan HUT Kota Jogja akan dimulai sejak Sabtu, 1 Oktober mendatang dan berlangsung sampai 9 Oktober. Rangkaian peringatan ini diadakan untuk memberikan atmosfer kebanggaan kepada seluruh masyarakat Jogja. Pada acara puncak, gelaran WJNC yang juga rutin dilaksanakan akan tampil di Jumat, 7 Oktober.

"Nanti juga akan ada peluncuran logo yang dilaksanakan di Jakarta bersamaan dengan acara pesona budaya nusantara. Bersamaan dengan itu di Jogja juga akan dipasang logo HUT di sejumlah jembatan yang jadi perlintasan tiga sungai besar di Jogja," kata dia.

Menurut Aman, Jogja yang dilewati tiga sungai besar yaitu Winongo, Code dan Gajahwong laik dianggap sebagai ikon kota. Perlintasan sungai yang membelah berbagai wilayah di Jogja menjadikan kota ini khas. Oleh karenanya, untuk semakin menyemarakkan perayaan HUT, pemasangan logo nantinya akan dipusatkan di sejumlah jembatan yang dilintasi oleh sungai-sungai itu, salah satunya jembatan Kleringan.

Asisten Administrasi Umum Setda Kota Jogja, Kris Sarjono Sutejo menyampaikan, rangkaian acara HUT Kota Jogja dimulai sejak 1 Oktober dengan acara peluncuran logo. Kemudian pada 2 Oktober dilanjutkan dengan dua acara yakni YoGowes dan senam bersama di balaikota Jogja. Acara ini dipastikan akan diikuti oleh dua ribu lebih peserta mulai dari komunitas sepeda, OPD, dan lainnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
08:23
01:23
01:35
01:45
01:54
01:47
Viral