Petugas Satpol PP dan tim gabungan TNI Polri Dishub Kota Yogyakarta melakukan penutupan pasar malam, Jumat (16/12).
Sumber :
  • Tim tvOne - Nuryanto

Tak Berizin, Pasar Malam Tugu Jogja Expo Ditutup Petugas

Jumat, 16 Desember 2022 - 19:44 WIB

Yogyakarta, DIY - Setelah 8 hari berjalan, Petugas Gabungan Satpol PP / TNI Polri dan Dishub Kota Yogyakarta akhirnya menutup paksa even Pasar Malam Tugu Jogja Expo di Jalan Margo Utomo, Kota Yogyakarta, Jumat (16/12/2022).

Kabid Penegakan Peraturan Perundang-undangan Satpol PP Kota Yogya, Dodi Kurnianto mengungkapkan Pasar Malam Tugu Jogja Expo digelar tanpa izin sehingga dilakukan penghentian aktivitas pasar malam.

"Ya kita Satpol PP dan tim gabungan TNI Polri, Dishub Kota Yogya, melakukan penghentian aktivitas Jogja Expo, karena tidak memiliki ijin dari pemerintah daerah," ungkap Dodi Kurnianto.

Menurut Dodi Kurnianto, secara permanen keseluruhan akses masuk Pasar Malam ditutup barier serta dipasang pengumuman resmi penutupan event. 

Sebelumnya, Pihak Satpol PP menyampaikan komunikasi dengan peihak penyelenggara sebelum dilakukan penutupan Pasar Malam Tugu Jogja Expo.

"Ya karena sudah ketentuan dan tidak ada izin, dan ini merupakan sumbu filosofi Yogyakarta yang saat ini ada proses penilaian dari Unesco sehingga setiap event ada izinnya," tegas Dodi.

Sementara Penanggungjawab Event Tugu Jogja Event menyebutkan tindakan penutupan terkait belum dikeluarkannya izin dari Pemkot Yogya, maupun rekomendasi dari Balai Pengelola Kawasan Sumbu Filosofi (BPKSF). Meski demikian pihaknya akan tetap melakukan langkah dengan menggugat ke PTUN.

" Ya kita akan tetap melakukan perlawanan terhadap yang menjadi inti dari kegiatan kami yang tidak mendapatkan izin dan kami akan menyusun gugatan ke PTUN," ungkap Hasto.

Penutupan permanen dilakukan dari buntut polemik kegiatan Pasar Malam Tugu Jogja Expo, yang dilakukan di kawasan sumbu filosofis yakni di Jalan Margo Utomo di sisi selatan Tugu Pal Putih Yogyakarta.

Dengan ditutupnya pasar malam sebanyak 182 stand dan 30 wahana, panggung kesenian dan warga sekotar yang dilibatkan terpaksa harus menghentikan aktivitasnya (Nur/Buz) 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral