ilustrasi Karyawan menghitung uang rupiah..
Sumber :
  • Antara

Ini 5 Alasan Mengapa Rupiah Menguat di Tahun 2023

Jumat, 17 Februari 2023 - 10:40 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiy memperkirakan rupiah akan terus menguat ke depan. Hal ini dilandasi ekonomi Indonesia kembali membaik dan tingkat inflasi di dalam negeri terjaga dengan fundamental yang kuat.

“Ke depan Bank Indonesia memperkirakan rupiah terus menguat sejalan dengan prospek ekonomi yang semakin membaik dan fundamental yang kuat sehingga mendorong penurunan inflasi lebih lanjut,” jelas dia, dalam konferensi pers, Jakarta, dikutip Jumat (17/2/2023).

Lebih lanjut, dia pun mengatakan alasan menguatnya rupiah di tahun 2023 ini tidak lepas dari 5 faktor yang mempengaruhinya.

Pertama, fundamental rupiah menguat seiring membaiknya kondisi pertumbuhan ekonomi, sehingga mendorong aliran modal asing masuk ke pasar keuangan domestik.

“Rupiah fundamentalnya adalah karena pertumbuhan ekonomi kita kan baik, kalau prospek ekonomi kita baik, investor luar negeri juga akan menanam dananya di dalam negeri kan, baik penyertaan modal asing maupun portofolio,” kata dia.

Kedua, inflasi di Indonesia masih di dalam kategori level rendah. Kondisi ini pun diyakini dapat memberikan hasil yang lebih menarik.

Ketiga, rupiah menjadi kuat posisinya karena imbalan hasil aset keuangan domestik, seperti imbal hasil Surat Berharga Negara (SBN) jangka pendek dan jangka panjang dibuat menarik.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:21
13:18
01:24
01:09
02:47
02:23
Viral