Harga cabai rawit di Lumajang tembus Rp100 ribu/kilogram.
Sumber :
  • (Tim tvone/Wawan Sugiarto

Dua Pekan Jelang Ramadhan, Harga Cabai Rawit di Lumajang Meroket Tembus Rp100 Ribu Per Kilogram

Kamis, 9 Maret 2023 - 11:53 WIB

Lumajang, tvOnenews.com – Kenaikan harga sejumlah komoditi pangan terutama jenis sayur mayur, terus merangkak naik menjelang datangnya Bulan Ramadhan dalam dua pekan mendatang.

Pantauan tim tvOnenews di lapangan, kenaikan harga komoditi jenis sayuran berupa bawang merah, bawang putih, tomat, kentang, cabai merah, cabai hijau dan cabai rawit, seperti yang terjadi di Pasar Baru Pasirian Lumajang, Kamis (9/3/2023) menjelang ramadhan terus merangkak naik.

Siati, salah satu pedagang mengatakan jika kenaikan harga sejumlah bahan pangan terjadi sejak sepekan terakhir atau beberapa pekan sebelum ramadhan. Rata-rata kenaikan harga dikisaran Rp2 ribu hingga Rp10 ribu/kilogram. Namun kenaikan harga yang cukup fantastis terjadi pada harga cabai rawit yang saat ini telah menembus harga Rp100 ribu/kilogram dari harga sepekan yang lalu hanya Rp60 ribu/kilogram.

“Semua harga sayuran naik sejak sepekan terakhir. Yang paling tinggi harga cabai rawit naik menjadi 100 ribu perkilonya. Padahal seminggu sebelumnya hanya 60 ribu perkilonya,” kata Riati saat ditemui di lapaknya, Kamis (9/3).

Menurut Riati, meroketnya harga cabai rawit ini dipicu semakin berkurangnya pasokan dari agen akibat di sejumlah daerah pemasok sedang terjadi cuaca buruk, sehingga banyak petani mengalami gagal panen.

“ Pasokan dari agen memang berkurang dan harga juga naik, mau ndak mau pedagang juga ikut menyesuaikan harganya. Banyak petani gagal panen itu yang menjadi faktor penyebabnya,”jelasnya.

Selain harga cabai rawut yang naik tajam, harga bawang merah dan bawang putih juga mengalami kenaikan hingga Rp10 ribu/kilogram. Saat ini, harganya mencapai Rp35 ribu/ kilogram dari harga awal sebesar Rp25 ribu/kilogram.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:16
09:06
09:00
01:35
02:53
03:01
Viral