Credit Bureau Indonesia (CBI) menyelenggarakan Seminar bertajuk “Pemberdayaan Credit Scoring dan AI Technology untuk perluasan produk dan layanan perbankan ..
Sumber :
  • Istimewa

Pemberdayaan Credit Scoring dan Teknologi AI Dilakukan untuk Perluasan Produk dan Layanan Perbankan

Minggu, 28 Mei 2023 - 14:06 WIB

Tangerang, tvOnenews.com - Credit Bureau Indonesia (CBI) menyelenggarakan Seminar bertajuk “Pemberdayaan Credit Scoring dan AI Technology untuk perluasan produk dan layanan perbankan guna mewujudkan pembiayaan berkelanjutan BPR dan BPRS” yang dihadiri oleh BPR/BPRS Regional 1 Jakarta dan Banten, Roberto Akyuwen, Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 1  DKI Jakarta dan Banten (KR01), serta Ricardo Simatupang (Ketua DPD Perbarindo DKI Jakarta Jaya & Sekitarnya) di Hotel Novotel Tangerang, Banten.

"Perkembangan kredit BPR/BPRS di Jakarta dan Banten yang mencatatkan rasio kredit bermasalah melebihi threshold 5% sebagai akibat dampak pandemi Covid-19 sejak tahun 2020. Karenanya, BPR/BPRS dituntut agar semakin efisien dalam menjalankan proses bisnis, dimana digitalisasi menjadi salah satu fokus OJK KR01 dalam pengembangan industri BPR/BPRS yang terus dihadapkan pada peningkatan persaingan usaha," ujar Kepala OJK KR01, Roberto Akyuwen melalui siaran pers, Sabtu (27/5/2023).

"Penerapan Artificial Intelligence (AI) dan pemanfaatan Credit Scoring untuk melakukan analisis pengajuan kredit dari CBI yang merupakan Lembaga Pengelola Informasi Perkreditan (LPIP), diharapkan dapat mengakselerasi digitalisasi kegiatan usaha BPR/BPRS sebagaimana tertuang secara khusus dalam Pilar 2 Roadmap Pengembangan Perbankan Indonesia, Akselerasi Transformasi Digital," tambahnya.(chm)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
06:48
02:28
Viral