Para pemimpin ASEAN.
Sumber :
  • tvOnenews.com / Julio Trisaputra

Kesepakatan Ekonomi KTT ke-43 ASEAN, Jokowi: 93 Proyek Senilai US$38,2 Miliar

Jumat, 8 September 2023 - 12:59 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjelaskan lewat forum Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN ini ada banyak kesepakatan yang ditempuh hingga menghasilkan 93 proyek senilai US$38,2 miliar.

"Untuk pelaksanaan ASEAN Indo-Pacific Forum (AIPF) yang telah menghasilkan, ini konkret ya, menghasilkan 93 proyek senilai US$38,2 miliar," jelas dia, saat konferensi pers di JCC Senayan, Jakarta Pusat, dikutip Jumat (8/9/2023).

Menurut dia, kerja sama konkret ini telah memberikan sejumlah manfaat untuk rakyat yang tergabung di dalam kelompok ASEAN.

"Tadi ada yang menyampaikan mengenai manfaat ekonomi. Ada banyak keputusan yang sudah dihasilkan termasuk tadi yang sudah saya sampaikan, deklarasi EAS (pembentukan KTT Asia Timur) mengenai Epicentrum of Growth," ungkap dia.

Selain itu, di ASEAN sendiri mulai mengembangkan ekosistem energi listrik di mana kendaraan konvensional akan mulai tergerus demi mengurangi emisi karbon.

"Kemudian pengembangan ekosistem EV (Electric Vehicle) baterai di ASEAN," ujarnya.

Bahkan, ASEAN pun telah sepakat untuk melakukan transaksi menggunakan uang lokal. Sebagai informasi, sejauh ini yang telah sepakat untuk tidak bertransaksi menggunakan dolar Amerika Serikat adalah Indonesia, Malaysia, dan Thailand.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:03
00:58
07:10
03:08
07:10
01:19
Viral