Ilustrasi LNG.
Sumber :
  • Antara

Pembelian LNG Pertamina dari Amerika Dinilai Beri Keuntungan Jangka Panjang

Selasa, 19 September 2023 - 01:22 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Baru-baru ini terungkap informasi mengejutkan seputar pembelian liquid natural gas (LNG) oleh Pertamina dari perusahaan Amerika Serikat, Cheniere Energy.  

Menurut Direktur Eksekutif CERI, Yusri Usman, Pertamina kini mendapatkan keuntungan dari pembelian LNG tersebut, meskipun awalnya sempat merugi karena pandemi Covid-19.

"Ini adalah bukti nyata keberhasilan korporasi dalam menjalankan strategi jangka panjangnya dan keberanian Pertamina dalam menjalin kerja sama internasional," jelas Yusri kepada wartawan, Senin (18/9/2023)

Lebih lanjut, Yusri menambahkan bahwa harga LNG impor yang dibeli Pertamina dari Cheniere Energy ternyata lebih ekonomis sekitar USD1,5 hingga USD2 per Million British Thermal Unit (MMBTU) dibandingkan dengan membeli LNG dari sumber domestik.

Dengan posisi kontrak Pertamina dengan Cheniere sejak awal pengiriman (2019), Pertamina telah meraih keuntungan lebih dari USD80 juta. Fakta ini mendukung pernyataan Dirut Pertamina, Nicke Widyawati, yang sering mengatakan bahwa keuntungan ini merupakan "rezeki anak soleh."

Mengenai adanya penyelidikan oleh KPK, Yusri berpendapat bahwa dugaan CERI menunjukkan bahwa KPK mungkin akan kesulitan untuk mengajukan kasus ini ke pengadilan, terutama jika tidak ada bukti kuat.

"Kita semua tahu bagaimana pentingnya integritas dan transparansi dalam bisnis. Jika KPK memutuskan untuk mengeluarkan Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3), ini akan menjadi keputusan yang memperkuat keyakinan stakeholder bahwa Pertamina telah bertindak dengan benar," kata Yusri. 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral