Anggota kelompok tani di Papua siapkan bibit mangrove untuk ditanam di Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat..
Sumber :
  • ANTARA

Dahsyat, Kelompok Tani di Papua Barat Rehabilitasi 1.500 Hektar Hutan Magrove 

Rabu, 15 Desember 2021 - 12:20 WIB

Jakarta - Sekitar 80 persen dari target seluas 1.500 hektar penanaman bibit mangrove sepanjang tahun 2021 telah rampung dilaksanakan oleh 37 kelompok masyarakat di Papua Barat. Selain memberi dampak positif pada kelestarian hutan mangrove, penanaman bibit yang dilakukan oleh 37 kelompok masyarakat di Papua Barat juga berdampak membantu perekonomian warga. 

"Setidaknya ada dua dampak yang diharapkan, yaitu memulihkan ekologi mangrove agar tidak ada kerusakan kembali dan memberikan dampak ekonomi yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terlebih sekarang kita masih pandemi Covid-19," kata Kepala Kelompok Kerja Rehabilitasi Mangrove Wilayah Kalimantan dan Papua, Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM), Agung Rusdiyatmoko melalu keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu (15/12/2021).

Agung menjelaskan, mengingat sedang terjadi pandemi Covid-19, pelaksanaan percepatan rehabilitasi mangrove ini menggunakan kerangka Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Untuk memastikan PEN Mangrove ini tepat sasaran, Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) melibatkan masyarakat lokal secara langsung. 

Pelibatan masyarakat ini juga memberikan kesempatan agar masyarakat memperoleh nilai tambah dalam hal ekonomi, karena indikator kesuksesan rehabilitasi mangrove tidak hanya fokus pada jumlah dan luasan mangrove yang ditanam tapi juga peningkatan kesejahteraan masyarakat. 

Sebelumnya, Presiden menegaskan komitmen Indonesia terhadap Paris Agreement dalam upaya mitigasi perubahan iklim dunia pada COP26 di Glassgow tahun ini.  Komitmen ini diwujudkan dalam percepatan rehabilitasi mangrove dengan kondisi kritis, sekitar 20 persen dari 3,36 juta hektare (ha) di Indonesia. 

BRGM memiliki 9 provinsi target rehabilitasi mangrove, salah satunya adalah  Provinsi Papua Barat. Di Papua Barat, pelaksanaan rehabilitasi mangrove dikerjakan BRGM bersama Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Remu Ransiki.

Membantu Perekonomian Warga

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:49
01:41
01:47
06:30
01:40
02:00
Viral