Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.
Sumber :
  • ANTARA

Menperin Sarankan Industri Manufaktur Melakukan Transformasi Digital, Ini Tujuannya...

Rabu, 21 Februari 2024 - 18:12 WIB

Jakarta, tvonenews.com - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan penggunaan teknologi digital dalam dunia usaha dapat meningkatkan daya saing dan produktivitas sektor industri pengolahan (manufaktur) menjadi lebih berkelanjutan dan efisien.

Ia mengatakan, implementasi teknologi dalam dunia industri dapat mendorong tercapainya dampak positif bagi finansial, operasional, serta inovasi teknologi.

“Perusahaan manufaktur memegang peran penting bagi perekonomian nasional. Transformasi dan implementasi industri 4.0 pada perusahaan manufaktur diyakini akan meningkatkan produktivitas, daya saing, efisiensi, kontribusi nilai tambah dan keberlanjutan industri nasional,” katanya dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Rabu (21/2/2024).

Menperin menyampaikan untuk mewujudkan hal tersebut, pada 2018,  diluncurkan peta jalan Making Indonesia 4.0 sebagai upaya percepatan transfomasi digital sektor manufaktur di tanah air.

Konsep tersebut digunakan sebagai acuan bagi pelaku industri, dan pembuat kebijakan untuk menerapkan konsep revolusi industri 4.0, dengan target dapat membawa Indonesia masuk ke dalam jajaran 10 negara yang memiliki perekonomian terkuat di dunia pada tahun 2030.

Ia menilai hal terpenting dari transformasi teknologi di bidang industri yaitu adanya pemanfaatan peralatan digital, serta kemampuan adopsi teknologi.

“Komponen terpenting pada proses transformasi digital berupa kesadaran manfaat penggunaan peralatan digital, tidak hanya sekadar kemampuan adopsi teknologi, namun harus sejalan dengan perubahan mindset digital,” katanya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:59
02:08
01:12
03:01
00:52
02:33
Viral