Plt Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan (Kemendag) Suhanto ditemui dalam Rapat Kerja Kementerian Perdagangan 2024-2025 di Semarang, Jawa Tengah, Rabu (21/2/2024).
Sumber :
  • ANTARA

Ada Anggaran Diblokir Menkeu, Kemendag Prioritaskan Program Strategis

Kamis, 22 Februari 2024 - 10:36 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Kementerian Perdagangan (Kemendag) memprioritaskan program-program yang bersifat strategis. Hal ini untuk memaksimalkan anggaran meski terkena kebijakan automatic adjustment dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Plt Sekretaris Jenderal Kemendag Suhanto memastikan, program-program strategis di Kemendag tetap berjalan dengan baik tanpa terganggu dengan automatic adjustment.

"Kita pastikan program-program skala prioritas Kemendag, walaupun dengan automatic adjustment, kami pastikan dapat berjalan dengan baik," ujar Suhanto di Semarang, Jawa Tengah, dikutip ANTARA, Kamis (22/2/2024).

Diketahui, total pagu indikatif Kemendag pada 2024 sebesar Rp1,9 triliun. Kemendag mendapat porsi 8 persen untuk kebijakan automatic adjustment sehingga terdapat dana yang diblokir sementara sekitar Rp140 miliar.

Suhanto menyampaikan, Kemendag tidak memotong semua anggaran yang sudah direncanakan karena kebijakan tersebut. Menurutnya, ada program-program yang tetap harus dijalankan tanpa terpengaruh dengan jumlah pemblokiran dana belanja sementara.

"Kita menyesuaikan, saya kira enggak masalah bagi Kemendag dan kita tahu tahun kemarin juga kita ini (kena automatic adjustment), karena kita sadar bahwa pemerintah pasti akan mementingkan kebutuhan yang paling utama dan untuk kegiatan seperti monitoring-monitoring kan sekarang bisa dengan sistem online," katanya.

Lebih lanjut, Suhanto menekankan, kinerja ekspor Indonesia khususnya untuk promosi dan misi dagang dapat terus berjalan. Kemendag juga terus menyesuaikan dengan target prioritas sehingga rancangan kerja tidak terganggu.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:19
06:13
02:28
02:37
04:23
07:11
Viral