Pedagang di Pasar Pagi Kumai Jajakan Cabai Rawit dan Kebutuhan Pokok Lainnya.
Sumber :
  • Jamberi

Jelang Nataru Harga Cabai di Kotawaringin Barat Tembus 110 Ribu per Kilogram

Rabu, 22 Desember 2021 - 08:45 WIB

Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah – Harga kebutuhan pokok di sejumlah pasar tradisional Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah melonjak naik jelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). 

Kenaikan tertinggi pada komoditas cabai rawit merah yang harganya naik dua kali lipat dibanding sebelumnya. Harga cabai rawit merah hampir setiap hari naik. Bahkan sekarang menjadi Rp110 ribu per kilogram.

Salah satu pedagang, Punirin, menuturkan penyebab kenaikan harga cabai rawit itu.

"Harga cabai rawit naik akibat cuaca buruk, gelombang tinggi di laut, bencana alam seperti banjir di sebagian Pulau Jawa, yang menyebabkan petani gagal panen, sehingga pasokan cabai berkurang. Tingginya permintaan konsumen menjelang Nataru juga menjadi penyebab naiknya harga cabai," tuturnya.

Warga berharap harga cabai cepat turun, karena saat ini bukan hanya komoditas itu yang mengalami kenaikan, tetapi juga sejumlah bahan pokok lainnya.

"Sehingga uang belanja terus bertambah setiap harinya," ujar Zunairah, salah satu warga yang sedang berbelanja di Pasar Pagi Kecamatan Kumai. (Jamberi/act)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:38
03:57
02:09
03:28
12:33
02:09
Viral